PASIR PUTIH / MATARAM / CIDATU????

By Ang Leonard Anthony - 19.59

Kenapa judulnya ada 3 nama tempat? Karena kita juga ga tau apa nama pantai yang kita datengin di daerah Carita-Pandeglang itu hehehe. Beberapa penduduk lokal yang kita tanya, selalu keluar dengan jawaban yang berbeda2. Akhirnya kami membuat kesimpulan sendiri, diambil dari cerita yang paling lengkap dari seorang bapak yang tinggal dipinggir pantai, dan papan nama rusak yang tertulis didepan jalannya, PANTEI CIDATU. (pake "E" yah)

Nature's Tank


Berangkat dari Jakarta jam 7 pagi, tanggal 13 Oktober. Lewat tol, keluar di Cilegon Barat. Nga heran orang jadi agak males ke daerah Anyer yah sekarang, selepas pintu tol, masuk daerah pabrik (salah satunya Krakatau Steel) jalanannya hancur parah, lobang dimana2, emang sih dibeberapa ruas ada perbaikan, tapi karena imbas perbaikan jalan ini, arus lalu lintas nya dibuka gantian, jadi misalnya yang dari araha Jakarta dibuka, arah sebaliknya ditutup...mirip sistem one waynya puncak lah. Kalo di puncak enak masi banyak pemandangan, nah disini, debunya mantaaaabbss, yakin deh kalo buka kaca nongolin muka sebentar aja, pasti itu muka langsung putih kaya Geisha :D. Faktor lainnya, banyak penginapan yang nga keurus sepertinya, Lippo Carita contohnya, ngeri liat bangunannya, cat udah pada kelupas dan ruangan dalemnya pun agak bau apek ga nyaman banget, Marbella pun banguan luarnya kayanya ga diurus jadi kumel banget (mungkin pengaruh debu juga)
Jam 11.30, masuk daerah Anyer, bingung juga mau nepi di pantai mana, karena rata2 pantai yang masih bagus dan bersih itu udah diblok oleh hotel/penginapan. Setelah nyusuri jalan kurang lebih 45 menit kearah Carita ada 1 pantai yang agak beda dibanding pantai lain di daerah Carita yang katanya tanpa karang sehingga aman buat water sport, buat gw apa indahnya pantai kalo cuma air ama pasir dan manusia yang bejibun heheheheh.
Pantai Cidatu, pantainya berkarang dan ditumbuhi rumput laut. Bagus utk motret hehehe, apalagi kalo kita udah jalan kearah karang2nya, ternyata banyak kolam2 kecil yang masih banyak coral dan ikan2 kecilnya.



Corals
Corals II
Sayangnya ikan disini agak pemalu, jadi kalo di deketin, pada kabur semua. Untuk ukuran pantai didaerah Carita, menurut gw ini udah jernih banget, ga terlalu banyak pengunjung, tapi banyak penduduk lokal yang cari bunga karang, rumput laut untuk shampo atau agar-agar, ada juga yang cari karang apung, untuk menghilangkan karat di besi, kata Bapak yang tinggal dipinggir pantai.


Crystal Clear
Mencari Bunga Karang
Fisherman
Si Bapak juga bilang, Laut itu kaya, semua bisa dimanfaatin. Jadi agak miris juga liat pantai2 yang sudah diblok sama Hotel2 menjadi private beachnya mereka, pasti banyak biota laut yang mati (terutama yang dibibir pantai), belum lagi sampah pengunjung yang segambreng, emang sih nyampahnya dilokasi lain, tapi kan bisa kebawa arus, nyampe deh ke pantai lain yang masi bagus. Udah gitu pantai di Carita ini kan ga ada pembatasnya antara Private beach, sama pantai lokal yang umum, maka dari itu pembagian nama2nya juga ga jelas batasnya, thats why, kita nanya penduduk lokal dan semua keluar dengan nama yang beda2.
So buat yang mau berkunjung ke sini, beneran deh ini pantai yang cukup berkarakter (jiaaaah bahasa gw, pasti ada yang komen krn gw pake bahasa ini heheheh). Dibanding pantai lain yang udah dikomersilkan dan cuma hamparan pasir aja, atau Karang Bolong yang rame banget itu, mending coba ke Pantai Cidatu, entah emang blum banyak yang tau atau gimana, tapi gw coba cari info tentang pantai ini di Google, ga ada sama sekali (mungkin ga yah gara2 gw pantai ini jadi terkenal, wakakakaka)


Pantai Cidatu
Perjalanan hampir 5 jam dimobil cukup terbayar lah dengan pantai ini, menarik buat dijadiin objek foto. O ya, sekedar masukan di daerah Cidatu ini ga ada warung sama sekali, wmang jarak ke pantai2 lain deket sih yang ada warung2nya, tapi siapa tau mau main di Cidatu lebih lama, jadi bawa air n bekal deh.

PS. yang mau test drive mobil berhasil deh sampe ke Carita, walaupun ada insiden kecil hihihi...



  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. keren juga ni pantai...ada terumbu karang y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan bro, dibanding pantai2 lainnya, udah kotor :)

      Hapus