ALAM DEWATA YANG SUCI SEMPURNA

By Ang Leonard Anthony - 20.50

Bingung kan kenapa gw kasi judul puitis gitu????
Kemana sih kalo ada di Bogor? Kebun Raya? Museum Zoologi? Paling mentok wisata kuliner, heheheeh. Gw juga baru tau kalo di Bogor ada Pura terbesar di Jawa, dan terbesar ke 2 di Indonesia setelah Pura Besakih. Mantab yah....letaknya ada di kaki Gunung Salak, sekitar 1 jam dari Kota Bogor. Kalo ga salah waktu itu kita naik angkot ke arah Ciapus dari depan Bogor Trade Mall. Saran gw, kalo mo kesana sih better pagi deh, karena menurut temen yang sudah beberapa kali kesana, di atas jam 12 pasti cuacanya mendung.

Pura Jagakartta

Pura Parahyangan Agung Jagatkharta, yang artinya Alam Dewata yang sangat sempurna kesuciannya, hehehe (ketebakkan itu asal judulnya dari mana) letaknya agak terpencil, jadi setelah naik angkot ke arah Ciapus tadi, kita berenti di depan gang trus kudu jalan nanjak sekitar 2 km menuju ke pintu masuk Pura. Jalannya sih beraspal dan menanjak cukup curam di beberapa spot, buat yang napasnya senen kemis kaya gw, lumayan lah, pas sampe atas langsung pesen indomie telor sama es teh manis. Sebenernya dibawah ada ojek untuk antar kita ke atas, tapi kayanya nga nge-bolang kalo harus naik ojek, buat yang punya mobil juga bisa koq naik langsung keatas ke pintu masuk pura.


Penjaga
Air Suci
Jagakartta
Masuk ke Pura ini masih free (mudah2an akan terus free), seperti biasa buat yang pake celana pendek, kudu pake kain, untuk semua pengunjung juga wajib menggunakan ikat pinggang kuning yang udah disediain.


Berdoa
From Low Angle
Konon katanya kerajaan Hindu di Sunda yang terbesar, Kerajaan Padjadjaran dengan raja Prabu Siliwangi. berdiri tepat dilokasi yang sama  dengan Pura ini. Kalo sepenglihatan gw,Pura ini ada 2 level, pertama pelataran di bawah trus ada tangga naik keatas, diatasnya juga ada pelataran luas dengan gazebo2 yang lebih banyak, nah dibagian ini kita ga boleh moto, jadi ga ada dokumentasinya hheheheh maap yaaa, padahal di atas, di tingkat 2 itu, suasananya lebih asri dan lebih bagus.

From Low Angle
Tangga Utama Jagakartta



Buat yang mau ngobrol2 atau mau tau sejarah Pura ini lebih jelas boleh mampir ke rumahnya Bapak Made, Purnawiarawan TNI AU beserta istrinya, yang menjadi pengurus Pura. Beliau welcome banget sama pengunjung Pura, biarpun lu dateng cuma buat foto2, Beliau tetep menyambut dengan hangat. Beliau dengan orang kepercayaannya Pak Wandi, selalu nyiapin makanan kecil, ubi or jagung rebus plus kopi or teh. Sambil ngobrol, minum teh, duduk di gazebonya, ngeliat pemandangan kota Bogor dari atas....wihhhhh mantab banget dah.


Umat Setelah Ibadah
Satu yang gw inget banget, kita sempet ngobrol sama salah satu umat yang baru selesai ibadah dan membuat gw salut sama umat Hindu, "Jangan gontok2an, semua Agama itu sama, semua baik, tujuannya satu, Tuhan, hanya namanya aja dan ritualnya yang berbeda"

So buat yang bingung mo jalan2 kemana, cobain deh ke Pura Jagakartta, bisa foto2 ngalay serasa di Bali, bisa liat Pura terbesar di Pulau Jawa, trus cuaca diatas juga adem, tenang, asri banget. Daripada macet2an di Bogor, mending jauhan sedikit, tapi dapat sesuatu yang lebih hehehehe.....see u in next trip

  • Share:

You Might Also Like

1 comments

  1. Hai.. just info, sekalian yuk ikutan blog competition, seputar traveling dan hadiah total 12 juta ;) Travel, nulis, skalian dapet hadiah.. Minat? info lengkapnya disini ya http://bit.ly/11IwgXv

    BalasHapus