JOURNEY TO THE EAST : BALURAN (2nd stop)

By Ang Leonard Anthony - 12.40

Taman Nasional Baluran, katanya sih Afrika nya pulau Jawa. Letaknya di daerah Situbondo ujung timurnya pulau Jawa. Waktu paling pas kesini sebenernya pada saat musim kemarau April-Oktober, jadi bener2 bisa ngeliat dan ngerasain itu Savana yang kering...bener2 berasa tuh suasana Afrikanya. Nah karena kita datengnya pas musim hujan yang ada itu Sabananya bener2 hijau subur



Tengkorak Banteng
Gerbang masuk Baluran ini agak nyempil, kecil, jadi kudu liat bener2 kalo nga bisa kelewatan. Begitu masuk, didepan ada loket sekaligus buat nanya2 rute kita di dalam taman nasional ini. Wilayah Baluran ini luas banget, yang bisa kita jelajahi mungkin gak ada 1/8 nya kali, soalnya kawasan ini masih bener2 hutan.


Baluran
Dari Loket, menuju ke pemberhentian pertama kita yaitu Savana Bekol, sekitar 12 KM menuju ke lokasi ini. Sepanjang perjalanan kudu ati2 bener, karena jalannya agak rusak walaupun gak parah, apalagi kalo musim ujan jalannya jadi agak berlumpur. Ditambah lagi kadang ada beberapa hewan liar yang tiba2 nyebrang jalan gak pake liat2, langsung aja nyelonong gitu. Beberapa kali ada biawak atau beberapa jenis unggas yang gw ga tau namanya apaan, melesat aja gitu didepan kaca mobil. Apalagi kalo udah mendekati wilayah Savana, akan ada monyet2 dipinggir jalan ngeliatin mobil2...secara ini wilayah mereka, mungkin bagi mereka, kitalah yang menjadi objek tontonan bagi mereka kali yah hihihi. Oya sepanjang jalan juga cukup banyak kupu2 yang lalu lalang, bahkan ada bbrp kawanan kupu2 yang ngikutin kita dari setengah perjalanan menuju ke Savana Bekol.

Baluran 2
Sekitar 45 menit kita sampe di Bekol (jgn ilangin "k" nya) Disini ada menara pandang, beberapa guest house, Savana yang terkenal itu dan gunung Baluran sebagai latar belakangnya. Sekali lagi, sayang banget karena kita dateng musim hujan, suasana Afrikanya kurang dapet hehehe, tapi tetep amazing lah bisa nginjekin kaki di Baluran, yang menurut gw belum tentu semua orang punya niat untuk ngunjungin wilayah ini. 

Icon Baluran
Taman Nasional Baluran
Savana Bekol
Savana
Savana 2
Sempet ngambil beberapa foto Savana nya, iconnya Baluran berupa rak kayu dengan tengkorak hewan, celingukan juga nyariin kawanan Banteng or Rusa, tapi kita kurang beruntung krn cuma nemu satu Banteng lagi neduh dan itu pun jauhhhh banget. Yang banyak malah kawanan tenyom aka monyet yang ngerubungin mobil kita waktu kita lagi moto2 di Savana. Ya iyalah itu monyet ngerubung, lah itu mobil kayak kulkas koq isinya makanan semua :D.

Belajar Narsis
Selesai motret disini kita lanjut perjalanan ke pantai Bama, salah satu pantai yang masih bisa diakses pake kendaraan, sekitar 3 KM lagi dari Savana Bekol. Di pantai ini juga banyak guesthouse yang disewain, plussss tetep donk kawanan tenyom yang punya dendam pribadi sama kantong kresek kayanya. Entah kenapa setiap liat kantong kresek mereka langsung ganas, entah seneng, entah bt, atau mungkin birahi kali sama kantong kresek hihihi.

Pantai Bama
Pantai Bama 2
Dipantai ini, biasa aja sih menurut gw hihihih...kalo jalan agak ke kiri bisa nemuin pantai yang agak berbatu2, lebih ok lah dibanding bibir pantai yang cuma berpasir doank. Sebenernya ada fasilitas Glass Bottom Boat (bener ga sih itu namanya?) dan Snorkling, cuma karena lagi penggantian kepengurusan, fasilitas itu lagi ga bisa digunakan untuk sementara. Mungkin kalo bisa snorkling, terumbunya masih bagus secara ini pantai bukan pantai komersil kan.

Menuju Hutan Mangrove
Dari Bama, kalo kita jalan ke arah kanan, kita bisa ke Mangrove trail, hutan mangrovenya bener2 beda dengan yang ada di PIK, mangrovenya udah bener2 tua, jadi udah besar2 banget...beneran hutan mangrove kalo ini. Lewat jalan berupa jembatan, ujung dari jembatan ini adalah gazebo yang agak menjorok ke laut, sayang banget udah rusak, malah ngeri nyebur ke laut kalo nyenderan di railing nya. 

Gazebo Hutan Mangrove
Hutan Mangrove
Selesai dari sini, sepertinya kita sedikit beruntung nih, waktu ngelewatin Savana Bekol lagi, disisi kanan jalan ada kawanan Rusa yang lagi makan, sensasinya beda deh beneran, kalo ngeliat Rusa di kebun binatang atau di halaman istana Bogor....disini di alam liar, malah kitanya jadi bisik2 waktu ngomong takut ngeganggu mereka, padahal mah kitakan didalam mobil juga yah, mereka ga akan denger hahahaha.

Rusa
Rusa 2 
Kesimpulannya, Baluran boleh lah dijadikan tujuan wisata (April-Oktober waktu yang tepat), tiketnya murah ga sampe 10.000 seorang. Wisata murah tapi lengkap, ada hutan, savana, pantai, hutan mangrove sekalian liat hewan liar di habitat aslinya...mantab. Sebenernya pengen banget ngerasain stay di guesthousenya, kebayang kan kalo malem pasti banyak banget bintang, tapi berhubung banyak monyet labil itu, kayaknya mikir dulu deh hihihih

Taman Nasional Baluran
Tips penting ga penting dari gw : Siap sunblock, pake baju yang nyaman (jangan ngejreng kalo ga mau di cakar monyet atau diseruduk banteng) Jangan kecentilan bebawaan kantong kresek atau tenteng2 tas Syahrini, monyetnya ga mau kalah hits deh disana, pasti langsung direbut.

  • Share:

You Might Also Like

1 comments