JOURNEY TO THE EAST : MADAKARIPURA (1st stop)

By Ang Leonard Anthony - 21.01

Nama air terjun ini kayanya udah terkenal banget buat orang yang suka wisata alam. Lazimnya, wisata Madakaripura ini sepaket tuh kalo kita ke Bromo, krn letaknya ga terlalu jauh. Madakaripura terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo. Katanya, Madakaripura ini dulu tempat Patih Gajah Mada buat semedi sampe akhirnya Muksa (orang sakti doank nih yang bisa meninggalkan dunia berikut raganya...ala2 Dragonball mungkin yah)

Madakaripura
Di depan pintu masuknya, ada patung Mahapatih Gajah Mada menyambut kita, mulai dari patung ini kita butuh waktu kira2 30-45 menit buat ngeliat air terjun utama Madakaripura. 


Patih Gajah Mada
Sebenernya dulu akses ke air terjun sudah dibuatkan jalan setapak berupa paving block cuma karena pernah terjadi longsor, banyak akses jalan yang terputs dan akhirnya kita kudu keluar masuk sungai ngelewatin batu2 besar. Keadaan ini dimanfaatin deh sama pemandu wisata abal2an yang nawarin jasa sebagai pemandu, alibinya sih jalannya susah dan berbatu. Saran gw nih berhubung jalannya juga ga susah2 banget, ga perlu juga lah pake pemandu segala dan yang bikin kurang respect, mereka2 ini agak maksa untuk memandu kita. Biasanya modus mereka di penyebrangan sungai yang pertama, ala2 bangsawan Eropa, mereka akan nawarin lengannya untuk kita pegang....pleeeekk begitu lu pegang, nempel deh terus tuh kaya lintah. Jangan takut untuk ngomong agak ketus buat nolak pemandu2 ini. 

Menuju Madakaripura
Mendekati air terjun akan banyak warung dan pedagang yang nawarin jas ujan atau kantong kresek. Menurut gw biar afdol, ga usah pake jas ujan deh, murah sih emang cuma 10.000, tapi kalo ke Madakaripura gak basah, mending maen di kamar mandi aja pake shower. 

Madakaripura 2
Hujan Abadi
Sebelum menuju ke air terjun utamanya, kita akan ngelewatin tebing yang agak menjorok dan dialirin air yang cukup deras, mau gak mau lu harus melewati tebing ini yang akan bikin kita basah, rasanya seger banget setelah jalan 30 menit. Biasanya view ini yang sering difoto orang2 dan sering di pake buat mempromosikan Madakaripura. Viewnya emang luar biasa indah banget...bener2 kayak lukisan deh, tebing hijau yang dialirin air plus butir2 air yang terbang kebawa angin...perfect banget. Oya kalo  mao poto2 disini, better pake kamera waterproof deh, ga usah cape2 bawa SLR, kecuali kalo rela SLRnya dimandiin hihihihi. Pake kamera waterproof aja udah susah banget krn lensanya selalu berembun. Oya satu lagi, bawa lap kering masukin ke kantong plastik rapet, buat ngelap lensa yang berembun basah, kalo mau lebih ringkes lagi, pake cara gw aja, lap itu lensa pake karet CD (iya celana dalem :P) karena bagian itu doank yang agak kering setelah disirem air terjun hihihihi.

Hujan Abadi 2
Hujan Abadi 3
Madakaripura 3
Menuju ke air terjun utamanya, kita kudu naik tebing lagi, agak kecil dan licin kudu ekstra hati2. Setelah sampe diatasnya, akan ada air terjun yang cukup deras dan kolam yang katanya kedalamnya mencapai 7 meter. Menurut kabar pula di balik air terjun ini ada Goa tempat Patih Gajah Mada semedi dan Muksa.

Air Terjun Utama
Ceruk Air Terjun
Ceruk Air Terjun 2
Beberapa saran dari gw nih, kalo mao kesana jangan pas musim ujan krn debit airnya juga lagi tinggi, sukur2 kalo ga ujan jadi kita masih bisa masuk, kalo ujan udah pasti ga bs masuk deh. Bawa kantong kresek buat ngantongin barang2 kaya dompet dan HP. Yang terakhir berhati2lah sama pemandu wisata abal2an dan orang2 sekitar tempat parkir, ada baiknya diawal kita langsung bilang kalo kendaraan kita ga usah dicuci, krn kalo nga, tau2 kita akan ditagih uang krn kendaraan kita udah dicuci tanpa persetujuan kita.
So far ini air terjun paling keren yang pernah gw datengin, viewnya bener2 keren. Ga akan nyesel deh ke Madakaripura, siap2 basah dan terpukau hihihihi

  • Share:

You Might Also Like

9 comments

  1. Foto2 keren, info lengkap, tipsnya oke.

    BalasHapus
  2. wah ini mantab sekali reviewnya,
    thanks bero

    BalasHapus
  3. Bro kalo dr bromo ke mandakaripura berapa jam.naik apa dan waktu paling bagus jangan sampai lewat jam berpa bro,, soalnya kan ke bromo dlu.thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry bro, late reply...dr bromo ke madakaripura kurang lebih skitar 1 jam, paling enak sih pagi menjelang siang. Biasanya kl sewa jeep dari pananjakan, itu ada paket yang menawarkan rute pananjakan-bromo-lautan pasir-bukit teletubbies-madakaripura. Semoga bermanfaat infonya :)

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Hai Leonard, tanya dong. Expense selama main di Madakaripura kira-kira berapa ya? Harga tiket masuk? Pasaran harga pemandu abal-abal?
    Terus, kok lu pede ya bilang nggak perlu minta pemandu abal-abal segala. Apakah kita bisa nyebrang sungainya sendiri dan mengenali mana tempat yang aman dipijak, tanpa bantuan pemandu abal-abal?
    Thank you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Vicky, Untuk harga tiket masuknya, perorang 3000 rupiah, parkir mobil 5000 rupiah (hati2 sama modus pencucian mobil)
      Masalah pemandu, sebenernya jalannya gampang koq, dan selama itu Madakaripura dibuka, berarti jalur sungainya aman untuk disebrangin. Kl debit air lagi naik, Madakaripura itu pasti ditutup. Pengunjung juga rame, jadi kita bisa ikutin aja iring2an sama pengunjung lain.
      Yang penting tetep hati2 sama barang elektronik, better dimasukin ke kantong berlapis.
      Mudah2an infonya bermanfaat ya mba :)

      Hapus