JOURNEY TO THE EAST : TANJUNG PAPUMA (5th stop)

By Ang Leonard Anthony - 15.28

Tanjung Papuma, blum terlalu terkenal emang. Gw aja tau pantai ini waktu nyusun rute perjalanan "Trip JaTim", setelah cari2 di internet, lokasi wisata di Jatim, muncullah nama pantai ini, Pantai Tanjung Papuma. Tepatnya pantai ini terletak di Kota Jember Kecamatan Ambulu, dari kota Jembernya sendiri sekitar 1 jam lah untuk mencapai pantai ini.


Pantai Tanjung Papuma (Raja Ampat Look a like)

Tanjung Papuma, dinamakan dari lokasi pantainya yang merupakan daratan yang menjorok ke laut (tanjung) nah Papuma nya itu singkatan dari Pasir Putih Malikan. Akses ke pantai ini udah lumayan bagus, dengan jalanan beraspal, yang agak tricky mungkin billboard besar Tanjung Papuma yang letaknya agak menjorok kedalem dari jalanan utama, dah gitu disamping kanan kirinya itu sawah dan hutan jati, jadikan orang agak bingung ini mau masuk pantai apa hutan yah...


Menuju Papuma
Hutan Jati Papuma
Tapi justru pemandangan hutan jati ini menurut gw menambah seru perjalanan ke Papuma, karena pemandangannya cukup bagus, terlebih lagi waktu kita kesana, pohon2 jati itu siap ditebang jadi daun2nya udah pada meranggas semua.
Setelah melewati hutan jati ini, kita kudu beli karcis dulu, cukup 5.000 per orang koq. Setelah loket ini jalanan mulai menanjak karena kita kudu ngelewtin bukit dulu baru bisa sampe ke pantainya, makanya Papuma ini dibilang juga "Surga dibalik bukit". 

Gak sampe 15 menit, kita tiba di bibir pantainya, banyak objek yang bisa diliat disini, di paling depan aja udah ada klenteng, agak aneh sih kenapa ada klenteng disini, kita pengen cari informasi tapi sayang banget klentengnya dalam keadaan terkunci.

Dari Puncak
Me
Dengan jalan beraspal yang cukup bagus, kita menyisiri bibir pantai untuk menuju bukit kecil yang letaknya persis dipinggir pantai, kita bisa naik ke gazebo kecil yang ada di puncaknya. Dari sini viewnya super banget, luar biasa indah dan keren.

Karang Tanjung Papuma
Karang Tanjung Papuma 2
Tanjung Papuma
Dari atas sini kita bisa liat gugusan karang2 yang mencuat di tengah laut. Lengkap deh disini, mau dari arah kanan ataupun kiri, semuanya punya gugusan karang2, gak perlu berebutan tempat untuk motret deh kalo gini hihihi, bahkan katanya di lokasi pantai Papuma, kita bisa motret sunrise sekaligus sunset, karena letak pantai ini yang menghadap selatan. Menurut info, karang2 ini semua punya nama, dan namanya di berikan sesuai dengan nama2 tokoh pewayangan.

Sisi Tebing
Tebing
Banyak banget spot bagus di Papuma untuk motret, cukup beruntung saat itu kita dapet langit biru. Selain diatas bukit, kalo mau turun ke arah pantai berpasirnya pun bisa, asal ati2 yah, ini kan pantai selatan, inget2 aja itu ombaknya gede banget dan ada Nyai nya hehehehe

Laut Lepas
Pantai Papuma
Tanjung Papuma, lokasi wisata yang layaklah untuk dikunjungi, viewnya bagus (menurut gw malah mirip Raja Ampat, dikiiittt <--- ini krn mupeng banget ke Raja Ampat hihihi), area pantainya cukup bersih, banyak spot untuk motret, termasuk klenteng, perahu2 nelayan. Menurut peta lokasi wisata, disini juga ada Goa Jepang (tapi kita gak nemu lokasi ini), ada juga pulau Nusa Barong tempat konservasi alam, yang terakhir jangan lupa kawanan monyet yang masih bebas berkeliaran di pantai ini, tapi gak seliar monyet2 Baluran hihhihihi.

Panorama Papuma

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai JOURNEY TO THE EAST : TANJUNG PAPUMA (5TH STOP)
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Indonesia

    BalasHapus