DI SAWARNA SEMUA ADA : Karang Beureum (25-27 April 2014)

By Ang Leonard Anthony - 19.16

Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it.

Menurut Pak Ade (pemilik Homestay Widi tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus pasir putih, spot sunset dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.

Karang Beureum


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Tujuan terakhir di barisan pantai timur adalah Karang Beureum. Dari arah Legon Pari, kita harus jalan ke arah Barat, berlawanan dengan Karang Taraje. Karakter pantai ini sebenernya mirip dengan Karang Taraje, pantainya berkarang, walaupun ga sebesar karang di Taraje. Ombaknya pun ga sebesar Taraje, karena di tengah lautnya ada barisan karang yang memecah ombak, jadi di pesisirnya, boleh dibilang ga ada ombak besar. Karena barisan karang ini pulalah, kita juga bisa ngeliat air terjun jadi2an di Pantai ini.

Pesisir Karang Beuruem
Pemecah Ombak
Gw nga ngerti nih, siapa yang salah, apakah info yang gw terima, atau info yang diterima sama pengunjung2 sebelumnya. Coba search "Karang Taraje" di mesin pencari, kebanyakan yang muncul adalah formasi karang di Karang Beureum ini. Sementara menurut team ojekers sejati yang nganterin kita keliling, yang namanya Karang Beureum adalah formasi karang yang membentuk benteng dengan karang berwarna merah di atasnya, sesuai dengan namanya Beureum yang dalam bahasa Sunda artinya merah. Kalo kita liat di karang utama yang paling besar, memang diatasnya mencuat batu karang yang bentuknya agak beda dengan karang lainnya, selain lebih mulus, warnanya juga berwarna merah. 
Karang Merah
Gugusan Karang
Karang Beureum 2
Pantai ini, perpaduan antara Legon Pari dan Taraje, di pesisir ga terlalu banyak batu2 karang, sehingga kita masih bisa aman untuk main2 air. Berjalan sekitar 100 meter ketengah mulai ada barisan karang, yang lucu nih bentuknya kaya tempat duduk untuk ngeliat air terjun jadi2an itu. Selepas itu, ada batuan karang lagi, menurut warga sekitar disini batas aman untuk melihat air terjun di Karang Beureum.

Barisan Karang Berbentuk Bangku
Barisan Pantai Sawarna bagian Timur ini memang berbeda dari bagian Barat, selain lebih sepi (yaeyalah jauh dr pemukiman) karakter pantainya pun lebih bervariasi dengan pesisir yang berpasir dan berkarang. Mengingatkan juga, untuk ke wilayah Timur ini bisa dengan berjalan kaki, sekitar 1.30 - 2 jam tergantung stamina, berat badan, keyakinan dan niat, atau dengan motor (bisa sewa motornya aja atau sekalian pengendaranya sebagai pemandu)
Adventure is Out There
see u in next posting, kita bahas pantai bagian Baratnya hehehe 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments