DI SAWARNA SEMUA ADA : Karang Taraje (25-27 April 2014)

By Ang Leonard Anthony - 09.11

Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it.

Menurut Pak Ade (pemilik Homestay Widi tempat kita nginep) Wilayah Sawarna udah dilirik utk jadi potensi wisata sejak awal tahun 2000-an. Dengan pantai memanjang plus pasir putih, spot sunset dan sunrise, ditambah ombak besar, bukan cuma wisata lokal aja yang dateng, wisatawan asing pun banyak yang kagum2 sama wilayah ini.


Barisan Karang


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Dari Legon Pari, berjalan ke arah timur, ada lokasi pantai lainnya yang ga kalah keren. Karang Taraje. Ga lengkap rasanya kalo ke Sawarna ga moto barisan karang yang di terpa ombak, trus ombaknya turun kayak air terjun.


Formasi Batuan
Karakter pantai di Karang Taraje ini beda banget sama Legon Pari http://www.cool4myeyes.com/2014/05/di-sawarna-semua-ada-legon-pari-25-27.html. Di sini pantainya hampir dipenuhi sama batu karang, dari yang kecil sampe besar. Karang di bagian kiri pantainya bahkan hampir menyerupai pelataran besar dengan undakan kaya tangga. Mungkin itu kenapa dinamain Taraje yah, yang dalam bahasa Sunda artinya tangga.


Pantai Berkarang
Karang Kecil
Pelataran
Setelah ngelewatin "pelataran" ini, di depannya ada barisan karang yang cukup tinggi kaya benteng, di karang inilah kita bisa liat ombak yang pecah dan turun dari karang itu, jadi bentuknya kaya air terjun. Sayangnya kalo mau liat bentuk air terjun itu dengan perfect, kudu pas sama waktunya air laut pasang, misalnya waktu pagi hari, saat angin bertiup dari arah laut ke daratan (berasa anak SD , belajar jenis2 angin lagi @_@) atau kalo menurut mas2 ojekers  yang mbonceng kita, tanggal-tanggal 18 setiap bulannya (katanya sih ombak di tanggal ini lebih besar krn terpengaruh sama gravtiasi bulan saat posisi bulan lebih deket sama bumi), itu waktu yang perfect utk liat deburan ombak di Karang Taraje.


Karang Taraje
Karang Taraje 2
Sepertinya pantai ga begitu bersahabat waktu itu, jadi kita ga bisa jalan terlalu dekat dengan karang utama. Harusnya dibagian kiri itu adalah karang menyerupai benteng dimana kita bisa liat air terjun jadi2an itu hehehe. Keadaan ombak saat itu cukup besar tapi ga ada satupun ombak yang naik ke atas karang benteng itu haha. Ga bisa liat main attraction-nya, banyak juga koq karang2 lainnya yang bisa membentuk air terjun jadi2an. 
Kondisi yang berkarang ini, membuat pantai ini ga bisa dijadikan area utk mandi2 centil kaya di Legon Pari, cuma buat spot foto tetep OK nih. bisa belajar2 slow speed juga disini hehe, asal tetp waspada karena datangnya ombak yang ga bisa ditebak, kalo diliat di foto, ada sisi pantai yang airnya tenang sementara disis lainnya kaya abis diobok2 Godzilla itu ombaknya. Menurut Ojekers pun, blum lama katanya ada wisatawan wanita yang meninggal karena keasikan foto dan ga sadar ada ombak besar yang datang, jadi deh ke hempas di batu karang :(


Ombak yang Bervariasi
Keunikan lain dari Karang Taraje adalah, banyak karang2 yang bentuknya menyerupai aquarium kecil jadi bisa dihuni sama ikan2 kecil. Seru juga liat biota laut tanpa perlu repot snorkling, diving atau bayar tiket masuk kaya ke Se* W**ld. Cuma bayangin yah coba, kalo dirumah ikan itu pada punya furniture, mungkin setiap 5 menit sekali mereka beberes rumah kali yah, karena selalu berantakan kesapu ombak hihihi.



Kolam Kecil
Walau agak kecewa ga bisa liat air terjun jadi2an, tapi berkunjung ke sini ga ngerasa rugi karena memang karakter pantai yang berbeda dengan Legon Pari, personal taste gw sih lebih menyukai pantai yang berkarang utk lokasi foto :). Selalu waspada dan jangan gegabah sama yang namanya mother nature yah. Tujuannya liburan, seneng2, refreshing tapi jangan lupa sama keselamatan pribadi dan temen2 trip kita ;)


Adventure is Out There

  • Share:

You Might Also Like

0 comments