DI SAWARNA SEMUA ADA (25-27 April 2014)

By Ang Leonard Anthony - 20.11

Sekarang ini siapa yang ga tau Sawarna, desa di wilayah Banten, kecamatan Bayah. Desa Sawarna yang terpadu dan punya "sejuta" lokasi untuk dikunjungi, Pantai (pastinya), sungai, sawah, goa, olahraga ekstrem, sampe cerita mistis....you named it they have it.



25-27 April 2014, setelah tertunda berkali2, akhirnya kita pergi juga ke Sawarna. Menggunakan Travel Jelajah Hemat (pinnya 25B5752B atau 021-4446 2225) yang sangat Fast Response dengan harga yang bersaing dengan Travel2 lainnya, dan yang pasti mereka ga kaku dengan paket wisatanya, bisa menyesuaikan dengan keinginan dan keadaan disana.



Perjalanan dari Jakarta-Sawarna sekitar 7 jam dengan rute Jakarta-Bogor-Ciawi-Sukabumi-Pelabuhan ratu-Cisolok-Bayah-Sawarna. Beberapa ruas jalan ada yang rusak dampe rusak parah, buat orang yang susah tidur, siap2 aja begadang selama perjalanan hahaha.

Kita menginap di Penginapan Widi (0819 1128 2912) dengan kamar yang cukup nyaman (ada 2 pilihan AC atau kipas angin), makan 3 kali dengan lauk yang enak (ga melulu ikan mentang2 di pinggir pantai), suasana yang sangat kekeluargaan (berasa lg dirumah, kalo waktunya jam makan, si Ibu akan teriak "Ayo makan mas, sudah siap tuh") 

Beberapa lokasi yang kita kunjungi selama di sana :

1. Goa Lalay
http://www.cool4myeyes.com/2014/05/di-sawarna-semua-ada-jangan-lalai-di.html
Terletak di kaki Bukit Pasir Tangkil, untuk menuju kesini kita kudu jalan kaki sekitar 40 menit dengan jarak 2 Km dari wilayah pemukiman. Sepanjang 400 meter menuju perut Goa ini bisa kita jelajahi, selebihnya harus dengan bantuan guide profesional.





2. Legon Pari
http://www.cool4myeyes.com/2014/05/di-sawarna-semua-ada-legon-pari-25-27.html
Berada di wilayah Timur dari Sawarna. Untuk menuju kesini bisa dengan berjalan kaki atau denga Ojek (Rp 80.000,-) dengan jarak tempuh 3 Km yang cukup membuat mules hehehe. Pantainya berupa hamparan pasir putih luas dengan sedikit karang2 dibagian kanan pantai.







3. Karang Taraje
http://www.cool4myeyes.com/2014/05/di-sawarna-semua-ada-karang-taraje-25.html
Berjalan ke arah Timur dari Legon Pari. Pantai ini dipenuhi batu karang besar2. Di sini juga merupakan spot favorit fotografer untuk motret "air terjun jadi2an".







4. Karang Beuruem
http://www.cool4myeyes.com/2014/05/di-sawarna-semua-ada-karang-beureum-25.html
Dari Legon Pari menuju ke arah Barat, kita bisa menemukan barisan karang kaya di Taraje, tapi ukurannya lebih kecil. Disini masih relatif aman untuk main2 karena ombaknya tidak sebesar di Taraje.







Ketiga pantai diatas terletak di wilayah Timur (cocok untuk melihat sunrise)dan agak jauh dari pemukiman makanya ga terlalu rame di sini.

5. Tanjung Layar
http://www.cool4myeyes.com/2014/06/di-sawarna-semua-ada-tanjung-layar-25.html
Icon dari Sawarna, pantai dengan batu karang besar menyerupai layar. Untuk menuju kesini kita harus jalan kaki sekitar 30 menit.







6. Ciantir
http://www.cool4myeyes.com/2014/06/di-sawarna-semua-ada-ciantir-25-27.html
Pantai dengan pasir putih terluas di wilayah Sawarna, main pasir, surfing, melihat nelayan2 pergi dan pulang melaut, pas banget disini. Tapi hati2 dengan ombaknya yang lumayan besar yah :). Pantai ini paling dekat dengan pemukiman, ngesot 10 menit juga sampe deh disini.







2 Pantai ini adanya di sisi Barat, jadi buat yang mau sunset-an, nongkrong lah disini dari jam 5 sore hehe.

7. Goa Langir
http://www.cool4myeyes.com/2014/06/di-sawarna-semua-ada-goa-langir-25-27.html
Sekitar 10 menit perjalanan dengan mobil, lokasi Goa Langir cukup tersembunyi jadi pantainya masih terbilang bersih dan sepi. Karena sepi, jadi hati2 ya, jangan sembarangan berenang ataupun bertindak "aneh2" Mau kesambet sama Jenglot Pantai Selatan? :p.





Wisata 2 hari 1 malam tanpa harus cuti? Sawarna udah OK banget. Sekedar tips, jangan pergi ke sana kalo lagi Long Weekend, akan rame gila disana.
Kalo bisa kesana sendiri, silahkan, kalo nga, ada Tour Travel  banyak banget menawarkan paket wisata, mulai dari yang rekomen sampe yang ngejawab pertanyaan kita aja ogah2an bahkan cuma di read doank (www.dul****77.com). 
Tetep utamakan keselamatan selama berlibur ya, jangan pernah ngeremehin alam :)



  • Share:

You Might Also Like

0 comments