SAAT MONGOL DAN INDIAN BERTETANGGA DI HIGHLAND PARK RESORT BOGOR

By Ang Leonard Anthony - 15.43


Entah berapa kali sudah kami membatalkan untuk menginap di Highland Park Resort Bogor, bukan karena tidak menarik, tapi "leyeh-leyeh indah dengan fasilitas wah" sepertinya selalu tersingkirkan oleh "jalan-jalan menantang". Akhirnya kondisi cuaca yang tidak bersahabat akhir-akhir ini memantapkan kami untuk memilih Highland Park Resort Bogor sebagai destinasi bolang kami pada tanggal 31 Januari-1 Februari 2015. 

Mongolian camp

Highland Park Resort Bogor terletak di jalan Curug Nangka di Kampung Sinarwangi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Tamansari, Bogor. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit menuju resort yang terletak di kaki Gunung Salak ini. Dari keluar Tol Bogor ke arah kanan ke jalan Pajajaran-Jalak Harupat-Juanda, belok kanan lagi ke Kapten Muslihat-Veteran. Ada sedikit insiden saat kami melewati Jalan Veteran ini. Karena teman kami terbiasa membawa mobil transmisi Automatic, terjadilah insiden "Maju Mundur Cantik" di jalan yang macet dan menanjak. Untuk menghindari insiden "Seperti Itu" lagi kami mengubah rute putar balik dan berbelok kiri melewati Perintis Kemerdekaan-Semeru, lalu berbelok kiri ke jalan Darul Quran, belok kanan di Sindang Barang, Belok Kiri di Jalan Laladon sampai mentok belok kanan ke arah Ciomas Permai. Untuk teman-teman yang belum terbiasa dengan jalanan menanjak dan macet mungkin rute yang kami ambil bisa menjadi pilihan. Jalannya tetap menanjak namun relatif sepi.

Setelah melewati jalan Ciomas Permai kita tinggal mengikuti jalan sampai bertemu dengan pertigaan Curug Nangka. Highland Park Resort terletak persis didepan pertigaan disebelah kanan Jalan. Bagi pengunjung yang sudah memesan kamar, namanya sudah terdaftar di pintu masuk pos. Sepertinya tidak sembarang pengunjung bisa masuk jika tidak menginap atau ingin menginap disini. 

Hal yang membuat saya terkesan di sini adalah keramahan dari staff, mulai dari security, petugas front office sampai driver yang mengantar kami ke kamar. Ya, driver, karena lokasi kamar cukup berjauhan dengan gedung Lobby, maka disediakan mobil golf untuk pengunjung menuju ke kamar ataupun ke lobby tanpa harus berjalan kaki. Mereka siap dipanggil 24 jam oleh penghuni kamar kecuali jika dalam keadaan hujan deras.
 
Mobil pengantar menuju kamar dan Lobby
Jenis kamar disini terbagi menjadi 4 tipe, yang paling terkenal adalah tipe mongolian camp. Konsep unik ini, menurut pengelola adalah satu-satunya di Asia. Penginapan berbentuk bundar dengan diameter 5 Meter dan beratap kerucut persis seperti tenda di Mongol. Tenda yang jika kita lihat dari luar ini terkesan sempit dan kecil ternyata di dalamnya bisa menampung 6 hingga 8 orang. 1 Kasur utama, 2 kasur dilantai dan 2 sofa bed. Kamar mandi dalam dengan air panas. Untuk AC sendiri, sepertinya pengelola sudah mengantisipasi udara panas pada siang hari, saat kami check-in pada pukul 14.00, kamar kami sudah terasa sejuk. Pengelola menyalakan AC bahkan sebelum kami datang, plus poin lagi untuk pelayanan yang sigap.
 
Suasana tenda saat siang hari



Suasana tenda saat malam hari
Bagian dalam tenda dengan lampu gantung yang unik
Untuk jenis tenda ini ada 2 pilihan, yang pertama berbahan terpal dengan konstruksi kayu dan bambu. (Tenda Standard dan Deluxe) Kekurangannya adalah tidak kedap suara, bisik-bisik tetangga akan terdengar jelas di dalam tenda, begitupun sesi curhat kita di dalam akan terdengar sampai ke tetangga sebelah. Jika hujan pun, suara hujan mengenai terpal cukup menggangu ketenangan tidur saat malam. Tapi itulah sensasi sesungguhnya jika kita ingin merasakan hidup layaknya orang Mongol. Untuk yang ingin privasi, disediakan pula bangunan solid berbentuk seperti tenda tapi berbahan dasar beton (Tenda Superior) 
Tenda Superior dari beton
Selain 2 Jenis Tenda diatas, ada pula tipe Barak yang bisa menampung 20 hingga 30 orang. Yang terakhir adalah tipe rumah pohon, yang dapat menampung 6 orang dengan beranda dan 2 kamar mandi di dalamnya.
 
Tenda yang terlihat kecil ternyata cukup luas bagian dalamnya
Saat ini Highland Park Resort Bogor sedang membangun tipe baru yaitu tipe Apache Camp yang akan diluncurkan antara bulan Mei-Juli. Inovasi baru lagi dari Resort ini. Bangunan berbentuk kerucut ini dibuat menyerupai tenda-tenda orang Indian. Walaupun ukurannya tidak sebesar Mongolian Camp, Apache Camp tetap dilengkapi dengan kamar mandi dalam. Apache camp cocok untuk yang sedang honeymoon (mau Maju Mundur Cantik lagi juga boleh :p). Letaknya yang lebih jauh kedalam lagi, di rekomendasi kan oleh pengelola  bagi pengunjung yang mau mencari ketenangan dengan pemandangan indah Gunung Salak. 
 
Barisan tenda Apache
Apache cocok untuk keluarga kecil
Konsep terbaru dari Highland Park Resort
Untuk fasilitas, Highland Park Resort cukup "juara" dengan adanya kolam renang ala waterpark lengkap dengan 2 seluncur besar dan 1 tong air raksasa yang menumpahkan air setiap beberapa menit sekali. Menunggang kuda, flying fox ,paintball, driving range, sampai memetik bunga, lengkap tersedia untuk seluruh keluarga ataupun perusahaan yang akan mengadakan acara di sini.
 
Fasilitas lengkap untuk seluruh keluarga
Kebun bunga
Lobby & Resto
Highland Park Resort, dimana Asia dan Amerika bisa bertemu di Bogor, Suku Mongol dan Indian bisa jadi tetangga. Dengan harga yang sebanding dengan fasiltas dan pelayanan super ramah, rasanya Resort ini pas untuk yang senang dengan konsep penginapan unik dan lebih dekat dengan alam.

The Highland Park Resort - Hotel Bogor

Jalan Raya Ciapus Curug Nangka

Sukajadi

Tamansari, Bogor, Jawa Barat 16610
(0251) 8485777
Jalan Jalan Jeprat Jepret


  • Share:

You Might Also Like

25 comments

  1. potoku ga dimasukin koh?? ahahaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti nunggu sebesi baru nongol lagi

      Hapus
  2. poo : poto siluet bebong aja di release

    BalasHapus
  3. Eh ada ya tempat kaya gitu di bogor?? Wah lolos dari pengamatan.. nyoba ah.. untung saya mampir ke blog ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo di kunjungi mas. Makasi ya sdh mampir di blog saya. Wisata sundanya keren nih, bisa buat referensi saya jalan sabtu-minggu.

      Hapus
  4. Wah, ok juga tempatnya...btw githu ya nggak ajak ajak aku jalan bareng hehe...

    BalasHapus
  5. Sedikit koreksi :)

    Jalan menuju lokasinya seharusnya jalan Laladon :) bukan Jalan Lolodan
    Semangat yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi koreksinya, maklum beda tipis a sama o :p

      Hapus
  6. wow keren banget. bisa sambil belajar budaya mereka juga nih. belum pernah tau ada di bogor yang beginian haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba yang tenda Indian mas, sebentar lagi launching kayanya hehe. Makasi sdh mampir di blog saya

      Hapus
  7. wahhh jadi makin tertarik camping disini
    foto-fotonya keren :D

    BalasHapus
  8. makin kreatif aja yang bikin usaha, hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak yang haus hiburan soalnya mas hehe

      Hapus
  9. Harganya kamar untuk keluarga kecil berapaan mas?

    BalasHapus
  10. Bisa sekadar untuk foto2 aja nggak dsna, tanpa menginap?

    BalasHapus
  11. Harganya berapa permalam nih?

    BalasHapus
  12. Riview harganya juga donk min..?

    BalasHapus
  13. Baru saja hari ini dr sana..dan baru keajian peserta outing kehilangan duit dan baeang berharga..diambil sama staff hotel ketika kamar kosong.

    Ketahuan pas buka cctv hotel

    Hati2 aja nginap disana..barang berharga jgn ditanggal krn staff hiuse keeping pita2 mau anterin handuk atau minuman tp buka kamar pakai kunci hotel

    BalasHapus
  14. Baru saja hari ini dr sana..dan baru keajian peserta outing kehilangan duit dan baeang berharga..diambil sama staff hotel ketika kamar kosong.

    Ketahuan pas buka cctv hotel

    Hati2 aja nginap disana..barang berharga jgn ditanggal krn staff hiuse keeping pita2 mau anterin handuk atau minuman tp buka kamar pakai kunci hotel

    BalasHapus
    Balasan
    1. turut berduka pak atas kejadian yang ga enak. Semoga pihak manajemen segera berbenah, jangan hanya ulah 1 oknum jadi merusak nama baiknya

      Hapus
    2. Bogor memang luar biasa...."

      Hapus