Proses Pembuatan Kopi Luwak di Basanta Agro Organic Bali

Untuk para pecinta kopi sepertinya wajib mengagendakan berkunjung ke Basanta Agro Organic di Tegalalang-Ubud. Bukan hanya bisa menikmati beragam kopi dengan kudapan asli Bali, kita juga bisa sedikit “study tour” mengenal jenis-jenis pohon kopi, coklat, ginseng, melihat pengolahan kopi secara tradisional dan yang paling menarik adalah tambah pengetahuan tentang pembuatan kopi Luwak. Saya sendiri yang bukan penikmat kopi sangat menikmati wisata kuliner dan wisata edukasi di Basanta Agro Organic ini.

Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Kopi Luwak adalah salah satu produk Basanta yang menarik untuk saya. Belakangan ini banyak sekali produk kopi instan yang mengatasnamakan kopi Luwak, entah benar atau tidaknya. Di Basanta terdapat ilustrasi bagaimana proses terciptanya kopi Luwak. Intinya, biji kopi apapun (Arabica, Robusta, dan sebagainya) yang dimakan oleh hewan Luwak dan mengalami proses fermentasi di dalam perut sang Luwak, dikeluarkan bersamaan dengan kotorannya, itu adalah cikal bakal biji kopi Luwak. Karena sang Luwak hanya memakan buah kopi dengan kualitas yang baik (buah kopi yang berwarna merah tanda sudah matang) jadi hasil akhir dari kopi Luwak ini pun memiliki kualitas yang baik. Biji kopi yang dikeluarkan bersamaan dengan kotoran hewan Luwak ini mengalami proses penjemuran dan pembersihan. Setelah bersih dari kotoran yang menempel, biji-biji kopi ini ditumbuk untuk membuang lapisan kulit yang paling luar jadi dijamin biji kopi ini bersih 100 persen dari kotoran Luwak.
Sambil terus menjelaskan berbagai macam tumbuhan yang ada di kebun Basanta, sang pemandu yang langsung menyambut sejak kami turun mobil terus menggiring kami semakin masuk melalui jalan setapak
di antara pohon coklat, kopi, ginseng bahkan beberapa jenis sayur pun ada ditanam di Kebun Basanta. Sampai kami tiba di pondok beratap rumbia sang pemandu mempersilahkan kami duduk.
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Tak lama berselang kami disuguhkan 1 nampan kayu dengan 7 jenis minuman.  Sang pemandu berujar
“silahkan dicoba beberapa jenis kopi, coklat dan teh hasil dari kebun organik kami, ini complimentary dari kami”
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
 
Wahhh…. 7 jenis minuman diberikan secara cuma-cuma untuk semua pengunjung Basanta, Rosella Tea, Lemongrass Tea, Tumeric Tea , Dark Chocolate, Ginger Coffee, Vanilla Coffee dan Dark Coffee plus keripik ketela khas Basanta. Karena penasaran dengan rasa dari kopi Luwak kami memesan 1 cangkir yang ternyata penyajiannya cukup unik untuk saya yang bukan penikmat kopi. Hampir mirip dengan kopi Vietnam, Air panas dituang di saringan yang berisi bubuk kopi Luwak, kita tinggal menunggu air kopi menetes hingga cangkir di bawahnya penuh. Warna kopinya memang tidak sepekat kopi pada umumnya namun aromanya sangat menggoda. Saya bukan penggemar kopi karena sesendok kopi saja masuk kedalam mulut, kepala saya pasti langsung pusing. Anehnya mencoba beberapa jenis kopi di Basanta ini tidak membuat saya pusing (apa karena GRATIS?? :p)
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Selain minuman, Basanta juga menyediakan menu main course yang kebanyakan di peruntukkan para vegetarian. Yang menarik adalah menu makanan ringannya yang merupakan modifikasi dari makanan tradisional Bali. Ditata dengan cantik sehingga tampilannya tidak kalah menarik dari menu appetizer hotel berkelas. Rasanya? rasa tradisional bercampur modern, ringan tapi nikmat. Kami pesan Laklak, jajanan pasar khas Bali dengan rasa gurih bertabur kelapa disiram saus karamel dan Basanta Choco Cake yang bentuknya mirip dengan pudding. Coklat cair yang dibuat setengah beku dengan kacang cincang sebagai alasnya plus saus karamel. Ingat, sebelum disantap, menu-menu ini wajib difoto karena Instagram-able banget :p
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Basanta Agro Organic dengan udara sejuk khas dataran tinggi Ubud, berwisata sambil belajar tentang jenis-jenis pohon, terutama kopi. Menikmati alam Ubud di saung-saung sambil menyantap menu makanan tradisonal yang tidak hanya lezat di lidah tapi juga sedap di pandang plus menyesap nikmatinya kopi Luwak dan 7 jenis complimentary drink dari Basanta.
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali
Jangan lupa pula untuk membawa pulang kopi atau teh nikmat ini ke rumah karena Basanta juga menjual produk-produk organiknya. Jadi,  untuk para penggila kopi, penyuka teh, pecinta alam wajib untuk berkunjung ke Basanta Agro Organic.
Basanta Ubud Bali
Basanta Ubud Bali

Enterpreneur, Travel Blogger, Instagramer, Hotel & Resto Reviewer, Fuji Film User.
3 Responses

Leave a Reply