TRANSFORMASI KEKINIAN NOVOTEL JAKARTA MANGGA DUA SQUARE

By Ang Leonard Anthony - 15.45

Hotel tak layaknya rumah yang butuh direnovasi dan mengalami peremajaan. Apalagi hotel-hotel besar yang sudah memiliki tamu-tamu setia. Bayangkan jika hotel sudah berdiri bertahun-tahun, mungkin saja furniture atau warna yang digunakan adalah yang sedang tenar pada saat itu. Namun apa kabar jika sudah melewati 5 tahun? 9 tahun? 11 tahun? Bukan tak mungkin tamu setianya merasa bosan hingga berpindah ke hotel lain yang lebih kekinian, bahasa gaulnya.
 
Novotel Mangga Dua Square
Novotel Mangga Dua Square sadar betul akan hal ini. Demi terus memberikan pengalaman terbaik untuk tamu-tamu setianya, Hotel yang terletak di atas kawasan Mall Mangga Dua Square ini melakukan proses renovasi dan kini hampir rampung sepenuhnya. Kebetulan, dulu saat saya masih menjadi freelancer di salah satu bank di kawasan Kota, kerap mengadakan acara di Novotel Mangga Dua Square. Jadi saya cukup lekat dengan penataan dan situasi hotel beberapa tahun silam. Karena itu pula saya merasa penasaran dengan perubahan apa yang dilakukan oleh management untuk tetap menyandang hotel bintang 5 yang "kekinian"

Lobby
Sejak memasuki lobby saja sudah sangat terasa bahwa Novotel Mangga Dua Square berhasil mempercantik wajahnya dengan nuanasa kekinian. Fokus utamanya adalah rak buku yang mengadaptasi bentuk pohon dan mural wajah Jakarta. Tak banyak ornamen lain di lobby hanya beberapa sofa untuk menunggu proses check in. Sepengelihatan saya, sofa-sofa ini pada akhirnya bukan digunakan oleh tamu yang menunggu proses check in atau check out, karena proses ini berjalan cukup cepat. Sofa-sofa ini malah digunakan tamu-tamu yang telah selesai mengurus check out namun masih menunggu taksi atau jemputan lainnya. 

Area lobby
Resepsionis
Sketsa mural wajah Jakarta
Kelengkapan lainnya di area lobby adalah 1 unit komputer sebagai internet corner. Kenapa hanya 1? Karena Novotel Mangga Dua Square sudah menyiapkan business corner di lantai 5 dengan 2 unit komputer, sofa nyaman bahkan printer untuk mencetak.

Room
Saat ini untuk kamar baru memang baru tersedia untuk kamar smoking room, proses renovasi terus berjalan untuk kamar non smoking, di lantai 5 dan lantai 7. Saya menempati kamar Deluxe saat itu. Yang menjadi perhatian utama saya saat masuk di kamar Novotel Mangga Dua Square yang baru adalah pencahayaan yang sangat baik. Kamar terasa terang, nyaman untuk membaca dan berkegiatan tapi walaupun terang, cahayanya tidak membuat silau atau terasa panas. Adanya sofa 2 seater di sudut kamar juga nilai tambah untuk saya. Saya paling jengah sebenarnya menerima tamu atau teman yang berkunjung ke kamar hotel dan harus mempersilakan duduk di kasur. Bukan sok higienis, tapi pakaian yang dari luar, lalu harus duduk dikasur yang akan digunakan tidur. Jadi dengan adanya sofa di kamar, untuk saya merupakan hal yang patut diacungi jempol. 

Kamar luas lengkap dengan sofa
Headboard baru bergaya modern minimalis
Dinding kaca yang menciptakan kesan luas
Meja kerja lengkap dengan lukisan sketsa Jakarta
Perlengkapan mandi yang komplit
Untuk peletakkan furniture memang tak banyak perubahan dengan kamar lama Novotel Mangga Dua Square, namun pemilihan warna dan tipe furniture yang lebih minimalis modern berhasil menghadirkan suasana yang benar-benar baru. Terutama pada bagian headboard kasur yang dibuat minimalis serta kamar mandi yang bermain dengan warna abu-abu gelap dan partisi kaca see through besar langsung menghadap ke area kamar tidur menjadikan kamar baru Novotel Mangga Dua Square terasa luas dan lapang.
 
Kamar mandi President Suite dengan pemandangan kota
Dilengkapi dengan ruang tamu
Premium Floor
Novotel Mangga Dua Square sendiri memiliki pilihan tipe kamar hingga tipe premium. Tipe premium pastinya memiliki beberapa benefit, seperti lobby khusus di premium floor di lantai 8, serta premium lounge yang buka dari pagi hingga pukul 9 malam. Sarapan di Premium Lounge memang tak sebanyak di Gourmet Bar, namun menunya memang lebih otentik selain dengan menu buffettnya tentu dengan menu ala cartenya juga. Suasananya pun lebih tenang dengan view kolam renang. Menjelang sore, tamu dari kamar premium bisa menikmati kudapan sore hingga tutup pukul 9 malam. Benefit lainnya adalah mendapatkan fasilitas laundry sebanyak 2 pakaian setiap harinya, free mini bar serta fasilitas late check out
Premiere Lounge

Salah satu sudut buffett di Premiere Lounge
Sarapan Ala Carte Premiere Lounge

Saya sempat melongok ke beberapa kamar di Premium floor, lantai 8 dan 9. Favorit saya adalah kamar tipe Premium Room at Premium Floor, bukan tipe kamar terbesar tapi saya sangat suka dengan penataannya yang berkesan homey dan elegan. Dengan jumlah kamar yang tak banyak untuk tipe ini memang menjadi "rebutan" para tamu, menurut salah satu staff dari Novotel Mangga Dua Square 
Salah satu kamar primadona di Premiere Floor
Gourmet Bar
Saya sangat sarankan untuk duduk-duduk menjelang malam di sini. Tidak terlalu ramai dengan alunan musik jazz terasa nikmat sekali menghabiskan malam di sini. Gourmet Bar juga digunakan untuk area sarapan pagi, tentunya dengan pilihan menu yang sangat beragam. Dari salad hingga Nasi Jamblang tersedia di Novotel Mangga Dua Square. Lokasi Gourmet Bar ini diapit oleh kolam renang dan kolam ikan di kedua sisi dengan hanya berbatas dinding kaca, sehingga ruangan Gourmet terasa sangat luas. Di sisi kolam ikan dengan beberapa kursi juga digunakan sebagai area merokok outdoor selain ada ruangan merokok indoor di sisi kanan Gourmet Bar. 

Berbatasan langsung dengan kolam renang di satu sisi
Gourmet Bar
Ruangan merokok di Gourmet Bar
Gourmet Bar dari area fish pond
Fish pond sebagai lokasi merokok juga
Selain sarapan pagi, Gourmet Bar juga melayani makan siang dan malam dengan menu yang sangat beragam. Nantinya malah akan ada 2 restaurant yang beroperasi. Diperkirakan awal Juni nanti akan ada tambahan Food Exchange Restaurant, namun menu-menu Food Exchange sudah bisa dipesan untuk saat ini. Makan malam sangat menyenangkan dengan kondisi Gourmet Bar yang tak seramai saat sarapan pagi. Dengan alunan musik jazz, menu nikmat, dan para staff ramah yang tak segan berbagi informasi tentang makanan-makanan yang saya pesan. 
Sarapan pagi
Waffle dan pancake corner
Ragam menu sarapan pagi
Pool, Fitness Center & Spa
Bersantai di tepi kolam renang Novotel Mangga Dua Square rasanya seperti tidak sedang berada di tengah kemacetan wilayah Mangga Dua. Penataan kolam renangnya benar-benar apik dengan penempatan kursi-kursi untuk berjemur dan rindang pepohonan tropis. Kursi-kursi berpayung pun tersedia di tepi kolam untuk para orang tua yang sedang menjaga anaknya. Suasananya yang begitu asri seakan menciptakan suasana liburan di resort tepi pantai alih-alih sedang berada di lantai 5 sebuah bangunan.

Kolam bernuansa tropis
Meski diapit gedung tak terasa sempit
Tak terasa sedang berada di lantai 5 sebuah gedung
Fitness center terletak di lantai yang sama dengan kolam renang. Alatnya cukup lengkap dengan menyisakan ruang gerak yang cukup luas di dalam area fitness sehingga ruangan tidak terasa sumpek. 

Ruang fitness
Alat lengkap namun tak sempit
Selesai berolahraga, jangan lupa memanjakan diri di Alaya Spa. Uniknya, resepsionis spa terletak di lantai 5 bersebelahan dengan fitness center, namun ruangan untuk spa terletak di lantai 6. Saya melihat ini sebagai upaya Novotel Mangga Dua Square untuk mensterilkan ruangan spa dari gangguan suara-suara. Memang rasanya juga tak nyaman ketika sedang asyik menikmati pijatan hampir terlelap tiba-tiba terdengar suara tamu lain yang bertanya-tanya tentang paket spa...gagal tidur kan

Ruang untuk spa
Steril dari suara tamu
Meeting Room, Ballroom, Business Corner
Novotel Mangga Dua Square memiliki 14 meeting room dengan berbagai macam ukuran yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. 3 ballroom atau 1 grand ballroom dengan kapasitas hingga 1000 orang. Untuk meeting room terbagi di lantai 5 dan 6 sedangkan ballroom dan grand ballroom terletak di lantai 5 dengan akses langsung dari parkiran mall Mangga Dua Square sehingga tamu undangan bisa langsung mencapai lokasi tanpa menganggu tamu hotel.
Salah satu ruang meeting di lantai 5
Ruang meeting dengan kapasitas yang lebih banyak
satu dari tiga ballroom
Ruang duduk di depan ruang meeting
Business corner
Other Facilities : Kid's Club & Mushala
Masih di lantai 5, bersebelahan dengan salah satu meeting room terdapat Kid's club. Jika biasanya ruang bermain anak hanya berisikan boneka, buku-buku bacaan, di Novotel Mangga Dua Square ada 1 mesin fuzzball. Bahkan katanya nanti akan ditambah beberapa unit Playstation untuk menemani anak-anak bermain. Bisa-bisa orang tuanya pun akan betah bermain di Kid's club jika ada console game :)

Kid's club
Mesin fuzzball
Kenapa Mushala? Mungkin saya salah, tapi sering kali saya menemui lokasi mushala yang nyempil, kecil bahkan sedikit terbengkalai. Atau malah lebih parah lokasi mushala yang menyatu dengan lahan parkir di basement. Bagaimana orang bisa beribadah dengan baik jika tempatnya sudah tidak menunjang ditambah bising kendaraan? Novotel Mangga Dua Square memiliki Mushala yang sangat baik. Letaknya di lantai 6, bersebelahan dengan salah satu ruang meeting. Memiliki tempat wudhu sendiri dengan area Mushala yang luas, shaf wanita pun tertutup rapi dengan gorden. Meskipun saya tidak menggunakan Mushala, menurut saya ini adalah salah satu fasilitas terbaik yang ada di Novotel Mangga Dua Square.
Mushala
Luas dan nyaman
Novotel Mangga Dua Square berhasil menyajikan suasana baru di hotelnya. Suasana modern minimalis  dengan sangat sempurna mampu diwujudkan sejak dari memasuki lobby. Pemilihan furniture di kamar, ruang meeting hingga ke area tunggu di sudut-sudut hotel berhasil menampilkan wajah kekinian yang segar. Penambahan mural di beberapa dinding dan tiap kamar dengan tema yang berbeda-beda juga menambah kesan artsy namun modern. 
Secara keseluruhan saya sangat puas dengan pengalaman saya bermalam di Novotel Mangga Dua Square. Saya bisa membandingkan saat dahulu Novotel Mangga Dua Square terbaik di masanya hingga kini terbaik dengan kekiniannya.
Sudut-sudut Instagramable
Catatan C4ME:
1. Saat ini proses renovasi masih terus berlangsung namun pihak hotel berusaha maksimal agar proses ini tidak menganggu kenyamanan tamu hotel.
2. Bulan Juni, Food Exchange yang bersebelahan dengan Gourmet Bar akan beroperasi.
3. Area Novotel Mangga Dua Square sangat luas, ada baiknya meminta bantuan Bellboy untuk mengantar ke kamar setelah melakukan check in.
4. Novotel Mangga Dua Square mampu mengakomodasi kebutuhan tamu dengan perjalanan bisnis ataupun liburan keluarga.
 
Sudut-sudut Instagramable 2
Novotel Jakarta Mangga Dua Square
Mangga Dua Square
Jl. Gunung Sahari Raya No 1
Telp . (021) 6231 2800
www.novoteljakartamanggaduasquare.com
Instagram : @novotelmanggaduasquare

  • Share:

You Might Also Like

6 comments

  1. Menengok ke dalamnya, tidak terasa ya bahwa hotel ini berdiri di Mangga Dua yang ramai dan hiruk pikuk. Nyaman sekali di dalamnya. Penataannya yang simple dan minimalis, warna warna pastel, sungguh elegan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mba, ga berasa ada di Jakarta malahan. Kamar barunya nyaman banget

      Hapus
  2. cocok banget nih kalau nyelenggaraan Event seminar di Hall nya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, ballroomnya luas dan punya akses langsung ke parkiran

      Hapus
  3. novotel mampu mewujudkan keinginan pelanggan dg sentuhan yang dinamis...info outbound jakarta

    BalasHapus
  4. Keren juga yah novotel. Ngiler liat kolam renangnya. Btw klo mau renang aj dsana kaya bayar per-visit gtu, bisa gak sih?

    BalasHapus