THE CELECTON CIKARANG JABABEKA, HOTEL BISNIS DENGAN FASILITAS BERKELAS

By Ang Leonard Anthony - 13.03

Beberapa kali saya ke Cikarang tapi tak pernah berpikir untuk menghabiskan malam di sana, karena jaraknya memang tak terlalu jauh dari Jakarta asal bisa menyiasati di waktu-waktu tertentu. Namun dengan berlangsungnya proyek pembangunan tol double decker di ruas tol Cikampek, tak ada lagi cara untuk menyiasati kemacetan. PR bagi saya yang harus menghadiri meeting dengan klien selama 2 hari berturut-turut dan dimulai dari pagi hari. Alhasil saya harus mencari tempat untuk menginap. Dari beberapa hotel, ada satu hotel baru yang menarik perhatian saya, The Celecton Cikarang Jababeka. 
 
The Celecton Cikarang Jababeka


Hotel ini masih termasuk baru diluncurkan. Hotel berbintang empat yang berada di kawasan Jababeka terlihat modern minimalis dengan banyak menggunakan kaca. Restorannya pun tak kalah menarik dengan mengusung tema Jepang. Mengenai lokasinya yang di Jababeka, jangan lantas disamakan dengan kawasan industri yang penuh asap. Di kawasan Jababeka lebih tertata dan rapi dengan pabrik-pabrik yang tak mengeluarkan asap mengepul. 
Beruntungnya saya, karena masih dalam masa promosi, saya mendapatkan harga yang sangat baik di The Celecton Cikarang Jababeka.

LOBBY
Saya suka dengan pemilihan lampu warm whitenya dan lantai keramik yang mengilap. Pencahayaannya di malam hari terkesan elegan dan hangat. Dari area drop off saja, Celecton Cikarang Jababeka sudah terlihat menonjol karena bagian depannya berdinding kaca sehingga pendar lampu dari dalam lobby terlihat jelas dari jalan raya.
Resepsionis terletak persis berhadapan dengan pintu utama. Tak banyak aksesoris berlebih di area ini sehingga terkesan luas dan lapang. 

Area resepsionis
Yang menarik perhatian adalah kursi tunggu di area resepsionis yang berbentuk seperti pita yang terlipat-lipat. Unik namun bisa mengakomodasi segala usia, karena ada bagian kursi yang tinggi, sedang dan rendah untuk anak-anak. Dengan segmen terbesar pebisnis, di area lobby banyak disediakan sofa dan kursi. Di bagian tengah bahkan terdapat meja panjang dengan kursi bar, bisa digunakan sebagai area kerja atau meeting informal di sini. Di area lobby juga terdapat internet corner dan wishing wall, tempat para tamu bisa menuliskan komentar, saran dan pesan untuk Celecton Cikarang Jababeka.
Bangku unik di lobby
Sofa dan meja panjang
Memperhatikan kebutuhan para pebisnis dengan banyak area duduk
Wishing wall
HANATOMI RESTAURANT
Baru saja launching di awal bulan September, meskipun mengusung nama Jepang, restoran ini juga menyajikan menu lokal dan western namun memang spesialisasinya adalah di menu Jepang. Hanatomi terbagi menjadi 2 bagian. 1 bagian terletak persis bersebelahan dengan area duduk di lobby. Area ini juga berfungsi untuk sarapan tamu hotel. Menu sarapan cukup beragam dengan menu lokal, western dan Japanese. Yang paling menarik adalah chawanmushi sebagai menu sarapan. Rasanya lembut dan tak amis, ini menu favorit saya di antara semuanya. Untungnya 2 hari menginap di sana, setiap pagi saya bertemu dengan sang chawanmushi :). Namun untuk menu utama, Celecton Cikarang Jababeka selalu menyajikan menu baru setiap harinya.

Bagian dalam lebih berkonsep resto
Melayani makan siang dan malam
Area sarapan
Menu makan yang beragam
Sarapan pagi dengan sushi
Chawanmushi
1 area lainnya dari Hanatomi lebih mengusung konsep bar. Interiornya pun lebih kental dengan unsur Jepang seperti pemanfaatan drum sake sebagai penghias langit-langit Hanatomi. Yang jadi favorit saya di Hanatomi adalah menu bentonya. Satu menu bento lengkap dengan nasi, gorengan, miso soup dan buah. Harganya pun terhitung terjangkau untuk sekelas hotel berbintang 4. Satu menu bento ada yang dibanderol dengan harga sekitar 50.000-an, tak jauh beda dengan menu-menu bento cepat saji yang ada di mall. Bedanya, daging-daging di sini adalah daging pilihan. Salmon Bento-nya lezat berbalur saus yang meresap. Untuk Beef Bento, dagingnya benar-benar lembut dan seratnya halus sehingga tak menyusahkan saat dikunyah. 

Dipadukan unsur Bar
Hanatomi Bar
Kental unsur Jepang
Salmon Bento
Beef Bento
Beragam menu bento untuk dipilih
Menyajikan menu lokal dan western
Dessert

Untuk minuman, di Hanatomi menyajikan healthy juice hingga minuman beralkohol. Sake tentunya jadi primadona bagi para tamu Jepang, menghabiskan malam sambil berbincang di Hanatomi lalu berlanjut ke rooftop sebelum beristirahat.

Menu minuman
Healthy juice
GRAND BALLROOM & MEETING ROOM
Ballroom berkapasitas hingga 1500 orang ini terletak persis di belakang area resepsionis. Aksesnya langsung dari pintu utama sehingga tidak menganggu privasi tamu hotel ketika sedang berlangsung acara di area ballroom.

Kapasitas hingga 1500 orang
Untuk keperluan seminar atau pesta pernikahan
Di lantai 2, terdapat 8 ruang meeting dengan nama-nama seperti Nadeshiko, Kobushi, Kikyo, Mokuren, Satsuki dan lainnya. Ke 8 ruang meeting ini memiliki ukuran dan penataan yang berbeda-beda sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya nanti. 

8 ruang meeting sesuai kebutuhan
Disediakan projector dan screen
Selain ada cukup ruang untuk meletakan snack di selasar antara ruang meeting, di lantai ini juga terdapat area merokok serta mushala. Penempatannya cukup baik sehingga jika ada kegiatan meeting, semua terpusat di satu lantai untuk meeting, snack, ibadah dan istirahat untuk para perokok.
Mushala
ROOM
Celecton Cikarang Jababeka memiliki 2 tipe kamar, Deluxe dan Suite. Untuk Suite terletak di lantai 8 dan 9. Yang saya suka dari kamar di Celecton adalah pemilihan warnanya yang lembut. Dominasi putih dan warna kayu coklat muda memberikan kesan yang sejuk dan tenang. Jendela besarnya pun memberikan pencahayaan yang sangat baik meskipun tanpa harus menyalakan lampu saat siang hari. Jika dirasa terlalu menyengat, gorden tebalnya mampu menghalang sinar matahari dengan baik.Saya, menempati kamar Suite dengan luas 36 meter persegi yang mempunyai area ruang tamu, ruang kerja dan mini pantry di satu ruangan yang terpisah dari kamar tidur. Terdapat pintu untuk membatasi privasi tamu hotel di dalam area kamar tidur jika harus menerima tamu di dalam kamar. Untuk kamar mandi di Suite juga dilengkapi dengan bathtub. Kamar mandinya sendiri didominasi warna putih dan abu tua. Aksen keramik seperti batik mempercantik kamar mandi monokrom di Celecton Cikarang Jababeka.
Suite room
Privasi terjaga dengan pemisahan ruang
Mini pantry
Area kerja dan menonton tv
Kamar mandi
Sebagai hotel dengan segmen utama pebisnis, kebutuhan akan electric socket dan wifi diperhatikan dengan sangat baik. 2 electric socket ada di kanan kiri kasur. Di meja kerja pun tersedia socket berbentuk 2 pole dan 3 pole. Wifinya? tak diragukan lagi, di lobby, di kamar, di rooftop bahkan hingga di area drop off penumpang, wifinya tetap tersambung tanpa putus.
Pemilihan warna yang menyejukkan
Kamar tipe Deluxe
Tetap menyisakan area kerja
ROOFTOP
Lantai 10 dari Celecton Cikarang Jababeka memiliki fasilitas kebugaran dan lounge yang buka menjelang sore hingga malam. Untuk fasilitas kebugaran, ada fitness center dengan alat yang cukup memadai, locker yang nyaman serta ruang sauna dan Ofuro. Mengingat banyaknya tamu dari Jepang, fasilitas Ofuro ini cukup digemari terlebih menjelang malam. Kebiasaan tamu-tamu ini adalah berendam sambil berbincang-bincang sebelum tidur. Tak sembarangan masuk ke Ofuro, tamu harus mengikuti tata cara yang ada seperti harus berbilas terlebih dahulu, hanya saja saya tak sampai menanggalkan semuanya :))) padahal menurut aturan, semua yang masuk ke bak mandi harus menanggalkan seluruh pakaian. Selain untuk menjaga kebersihan air bak, tentunya banyak filosofi-filosofinya kenapa harus polos. 
Ruang fitness di lantai 10
Peralatan cukup lengkap dan memadai
Ruang sauna
Tempat bilas di Ofuro
Relaksasi di Ofuro
Kolam renang terbagi menjadi 2 area untuk dewasa dan anak-anak. Saya cukup salut dengan Celecton Cikarang Jababeka yang tetap menyediakan kamar mandi bilas yang layak untuk tamu hotel bisa berbilas terlebih dahulu atau mungkin bisa berganti pakaian hingga tidak berbasah-basah kembali ke kamar. Lantainya pun terbuat dari kayu sehingga cukup aman bagi anak-anak yang sering berlarian, minimal penggunaan kayu sedikit mengurangi resiko terpeleset di lantai yang licin.

Kolam anak dan dewasa
Tersedia ruang bilas dan ganti
Rooftop saat malam hari
Sunset Lounge sendiri baru beroperasi sejak sore mengingat kondisi tengah hari yang sangat terik di tengah Cikarang. Menikmati sore di sini cukup mengasyikan karena masih banyak tanah lapang di sekeliling hotel sehingga banyak aliran angin. Lampu-lampu hias juga berhasil menciptakan suasana seakan tak berada di tengah kawasan Cikarang.
Sunset lounge baru beroperasi sore hari
Sunset Lounge
Secara keseluruhan saya sangat puas bermalam di The Celecton Cikarang Jababeka selama 2 malam. Saya tak perlu bolak balik ke Jakarta dan terjebak macet. Pagi hari saya hanya perlu memberi jeda waktu 15-20 menit untuk menuju lokasi meeting, itupun saya masih bisa tiba lebih awal dari jadwal meeting. Terlebih lagi fasilitas lengkap yang ditawarkan dengan rooftop yang cantik. Hanatomi restoran dengan menu beragam yang nikmat menggugah selera pun dengan menu sarapannya yang beragam dan lezat (tetap Chawanmushi favorit saya :))

Area drop off
Tampak muka
Catatan C4ME :
1. Celecton Cikarang Jababeka Hotel terletak persis di sebelah RS Permata Keluarga
2. Di sekitar hotel tidak ada mini market, jadi ada baiknya untuk membeli keperluan terlebih dahulu jika tidak ada agenda untuk keluar hotel.

The Celecton Cikarang Jababeka
Kawasan Industri Jababeka 2 Jl. Cipto Mangunkusumo Blok A. II 
Kavling Medical City, Cikarang, Bekasi, 17530, Indonesia  
Phone :+62 21 8932 1299

Fax :+62 21 8932 1288 
www.celectonhotels.com
Instagram : @thecelectoncikarangjababeka

  • Share:

You Might Also Like

10 comments

  1. Lengkap nih fasilitasnya. Suka banget sunset lounge-nya.

    BalasHapus
  2. suasana hotelnya kayak restoran, asik dan comfy.. berapaan sih rate semalem?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sama pencahayaannya, kl yg deluxe sekitar 500an sepertinya, kl untuk suite di atas 1

      Hapus
  3. Waaah keren ya hotelnya, berasa bukan di Indonesia hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hotelnya asik mas hehe, rooftopnya juga keren

      Hapus
  4. To be honest, gak nyangka di Cikarang ada hotel bernuansa Jepang kayak gini.
    Hotelnya keren! Saya suka di spot pemandian dan saunanya. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, saya juga. Suka banget sama ofuro dan poolnya

      Hapus
  5. Wuoh...hotel baru tapi sudah lengkap sekali. Ini cocok untuk mas leo ada fitnesnya juga.

    Jadi penasaran, wishing listnya isinya apa aja ya ? Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wishing listnya lebih ke ucapan dari tamu untuk hotel sih mba

      Hapus