HOLIDAY INN EXPRESS JAKARTA PLUIT CITYGATE

By Ang Leonard Anthony - 12.00

Pulau Seribu adalah tujuan wisata yang beberapa tahun belakangan ini pamornya naik pesat karena hausnya warga Jakarta atau kota-kota di sekitar Jakarta akan wisata bahari yang masih baik. Saya sendiri sudah beberapa kali menyambangi beberapa pulau di Kepulauan Seribu. Weekend kemarin saat saya berencana kembali menyambangi Pulau Seribu, terpikir untuk bermalam di hotel yang dekat dengan Pelabuhan Muara Angke untuk menyeberang ke Pulau Seribu. Mengingat beberapa kali saya datang terlalu pagi dan sekali datang terlalu mepet dengan jadwal keberangkatan perahu. 

Holiday Inn Express Jakarta Pluit Citygate

Adalah Holiday Inn Express Jakarta Pluit Citygate yang letaknya berada di area Mall Emporium Pluit yang menjadi pilihan saya dan teman-teman. Jaraknya yang tak terlalu jauh dari Muara Angke serta harga yang sangat ramah menjadi kriteria kami dalam menetapkan pilihan untuk bermalam di Holiday Inn Express Jakarta Pluit Citygate.

Lobby
Lobby Holiday Inn Express Jakarta Pluit Citygate (HIEJPC) terletak di lantai 10 bangunan Mall Emporium Pluit. Meskipun gedungnya menyatu, HIEJPC punya akses lobby sendiri di lantai dasar dan memiliki akses tembus dari mall untuk menuju ke lift di lantai dasar yang akan mengantar ke lobby hotel di lantai 10. Setiba di lantai 10, melewati selasar menuju ke lobby utama, saya sudah dibuat jatuh cinta dengan keberadaan vertical garden setinggi 2 meter yang memanjang hingga ke area lobby. Mungkin sekitar 20-30 meter sebelum berakhir di area merokok tepat di samping lobby. Hebatnya lagi, tanaman di sini adalah tanaman asli. Jadi, meskipun berada di ketinggian gedung, HIEJPC masih sangat memperhatikan lingkungan hijau dan sirkulasi udara. Menurut salah satu staff, area ini bahkan kerap dijadikan pasangan pengantin berfoto sebelum menuju area resepsi.
Area hijau
Area merokok
Resepsionis HIEJPC cukup menarik perhatian dengan bentuknya yang melingkar. Teman saya bahkan berseloroh bahwa area resepsionisnya seperti pesawat luar angkasa. Bentuknya yang melingkar, lantai yang mengilap dan garis-garis lampu di langit-langit area resepsionis memang menjadikan lobby HIEJPC terlihat futuristik. Di sisi kiri dan kanan area resepsionis dipenuhi oleh sofa-sofa. Tak dipungkiri bahwa tamu HIEJPC lebih banyak dari kalangan pebisnis sehingga keberadaan ruang duduk yang nyaman utuk menerima tamu sangat dibutuhkan. Di sisi kanan resepsionis mungkin lebih ditujukan untuk tamu yang menunggu proses check in atau check out, sementara di sisi kiri dengan jumlah sofa yang lebih banyak lebih diperuntukan bagi para pebisnis yang menerima tamu di lobby HIEJPC. 2 unit komputer juga disediakan untuk membantu para pebisnis pun penghuni hotel lainnya yang membutuhkan akses internet dan fasilitas komputer.  Bagi para perokok tinggal melangkah keluar ke area merokok yang bersebelahan dengan vertical garden. Dan sepertinya area ini menjadi area favorit tamu hotel, pagi-siang hingga malam hari area merokok ini selalu dipenuhi tamu hotel.
Area resepsionis
Berbentuk melingkar
Area duduk
Tersedia cukup banyak untuk menerima tamu
Internet corner
Restaurant
Restoran di HIEJPC hanya beroperasi dari pukul 06.30 hingga 10.00 pagi setiap harinya karena tak ada menu lunch atau dinner di restoran ini. Area restoran yang cukup luas mampu menampung tamu hotel dalam skala yang cukup besar. Saya menyaksikan sendiri betapa ramainya HIEJPC saat sarapan pagi. Hebatnya, para staff sigap mengisi kembali makanan dan minuman yang telah habis. 
 
Area sarapan pagi
Hanya melayani sarapan pagi

Untuk hotel berbintang 3, HIEJPC memiliki menu sarapan yang sangat beragam. Menu pembuka berupa salad dengan berbagai pilihan dressing. Menu utama seperti bubur, nasi dan beberapa lauk pauknya. Bagi yang tak bisa sarapan berat, ada beberapa pilihan cereal untuk dipilih bahkan ada muesli yang jarang disajikan di hotel bintang 3 lainnya. Favorit saya adalah pastries-nya. Mungkin lebih dari 5 jenis pastries disajikan. Salah satu yang jadi favorit pengunjung juga adalah pain au chocolat yang setiap dikeluarkan dari oven langsung ludes diserbu tamu hotel.
Menu utama
Pastries favorit tamu
Bakeries
Pilihan cereal
Untuk minuman HIEJPC menyiapkan berbagai pilihan teh celup, kopi dengan 2 brewer machine, 3 pilihan juice dan 3 pilihan susu, susu full cream, susu non fat dan susu kedelai. 
Kopi untuk memulai hari
Jus segar
Jus dan susu
Salah satu keunggulan Holiday Inn adalah fasilitas Breakfast Grab & Go. Sangat membantu sekali bagi tamu yang terburu-buru dan tak sempat sarapan di tempat. Teman saya yang tak sempat sarapan sangat terbantu sekali dengan fasilitas ini. Breakfast Grab & Go berisi 1 gelas teh atau kopi dengan 1 buah dan 1 pastry.
Breakfast Grab & Go
ROOM
HIEJPC hanya memiliki 1 tipe kamar namun unggul dari segi ukuran yang luas. Saya sendiri menemukan beberapa keunggulan kamar HIEJPC. Pertama, lantainya yang berkarpet. Saya suka lantai kamar yang berkarpet karena menjaga kaki tetap hangat saat beraktivitas di dalam kamar. Kedua, kulkas di sini bukan sekadar chiller namun berfungsi dengan baik untuk mendinginkan minuman. Ketiga, semua panel lampu diletakan di samping kasur sehingga memudahkan bagi yang sudah terlanjur "nyaman" di kasur untuk mematikan lampu dan menyalakan lampu tidur. Keempat, area kerja di dalam kamar HIEJPC dibuat cukup nyaman dan luas untuk meletakan barang-barang macam laptop dan berkas kerja. Kelima adalah jendela kamar yang sangat lebar sehingga bisa menghemat energi saat siang hari. Saat malampun, karena HIEJPC terletak di ketinggian, bisa mendapatkan view ke arah kota atau ke laut Ancol dengan sangat baik.
Ukuran kamar yang luas
Area kerja
Panel kontrol di samping tempat tidur
Stay smart with Holiday Inn Express
Area kamar mandi
View dari kamar tidur
OTHER FACILITIES
Sebagai hotel dengan tamu pebisnis yang menjadi pasar utamanya, HIEJPC menyediakan 3 ruangan meeting dengan kapasitas terbesar hingga 60-80 orang tergantung dari penataan kursi. Setiap ruang meeting pun sudah dilengkapi dengan meeting kit, projector dan screen.
Ruang meeting 1
Ruang meeting 2
Kelengkapan meeting
Fitness room dan laundry room terletak di lantai 12 dengan akses menggunakan tap card. Fitness room beroperasi dari pukul 6 pagi hingga 9 malam dengan alat yang cukup memadai seperti rower, treadmill, stationary bicycle dan free weights. Sementara untuk laundry room buka selama 24 jam, tamu hotel tinggal membeli koin di bagian resepsionis untuk menggunakan mesin cuci, mesin pengering dan seterika. Bagi tamu yang tak sempat pun staff hotel dapat membantu untuk mengerjakan laundry tamu.
Laundry room

Staff yang siap membantu
Fitness room
Sebagai hotel bisnis atau hotel singgah, HIEJPC sangat memuaskan dengan fasilitas dan servisnya. Letaknya pun menjadi salah satu pertimbangan bagi tamu singgah karena tak jauh dari Bandara Soekarno Hatta. Untuk mencari makan siang atau malam, tinggal turun ke area Emporium Mall atau menggunakan jasa angkutan untuk berwisata kuliner di daerah Pluit. Bagi saya yang akan berwisata ke Pulau Seribu dengan keberangkatan dari Muara Angke pun sangat membantu bermalam di sini karena jaraknya tak lebih dari 15 menit ke pelabuhan Muara Angke.
Jalan-Jalan Jeprat-Jepret
Holiday Inn Express Jakarta Pluit Citygate
Emporium Pluit Mall 10th floor
Jl. Pluit Selatan Raya
Jakarta Utara 14440

  • Share:

You Might Also Like

12 comments

  1. Aku suka banget sama inovasi sarapan grab and go nyaaa! Buat yang suka mepet mepetin waktu kaya aku cocok bangeeet! Btw sarapannya kayanya high quality dengan menuu beragam juga yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menu nya asik banget nih, banyak ragamnya. Menu utamanya juga setiap hari ganti

      Hapus
  2. Sama nih, aku juga suka kamar yang pake karpet dan berjendela kaca yang lebar. Apalagi kalau viewnya macam begini. Keren!

    BalasHapus
  3. Ini lini budget-nya Holiday Inn ya? Aku kira bintang 2, ternyata bintang 3. Pilihan susunya banyak bangeeettt, kebetulan belakangan ini aku lagi suka sarapan sama susu murni buat mengurangi ketergantungan akan kopi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini lninya Holiday Inn. Susunya ada full cream, low fat dan soya...tinggap pilih

      Hapus
  4. Breakfast Grab n Go itu hasil kerjasama Grab Bike n Go-Jek bukan? hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha bukaan, ini murni fasilitas dari Holiday Inn

      Hapus
  5. Hemm aku betah di sini.. Culik aku kakak

    BalasHapus
  6. Waah morning bakeriesnya banyak pilihan, ada donat jugaaa :D

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik ya, yang ga suka makan berat2 bisa piliha bakeries

      Hapus