IBIS JAKARTA SENTRAL CAWANG

By Ang Leonard Anthony - 10.39

Ibis Jakarta Sentral Cawang ini letaknya hanya selemparan batu dari kantor saya. Persis di sebelah Rumah Sakit Pusat Otak Nasional dan di tepi ruas jalan tol Jakarta-Bekasi Timur. Tak jauh pula dari Bandara Halim Perdanakusuma dan akses Transjakarta tepat di depan pintu hotel. Berhubung ada beberapa kerjaan yang mengharuskan saya bolak balik kantor hingga larut, akhirnya saya memutuskan untuk bermalam di Ibis Jakarta Sentral Cawang. Hotel yang memang ditujukan untuk pebisnis ini memiliki fasilitas yang mumpuni meskipun berbintang 3.

Ibis Jakarta Sentral Cawang
LOBBY
Kalau boleh saya ringkas, lobby Ibis Jakarta Sentral Cawang (IJSC) bisa disingkat dengan Loserba, Lobby serba ada. Selain tentunya ada meja resepsionis yang memanjang dengan beberapa staff yang siap mempersingkat proses check in, tentunya ada ruang tunggu berupa sofa merah memanjang dengan latar sign Ibis Cawang. Di sebelah sofa ada 2 unit komputer yang bisa digunakan tamu hotel. Berseberangan dengan internet corner ada mini bar yang meracik minuman signature IJSC. Sofa merah memanjang sudah terisi penuh? Jangan khawatir, ada lounge area dengan 1 sofa panjang dan beberapa meja bundar plus sofa yang nyaman untuk menunggu ataupun menerima tamu. Yang terakhir, ada mesin ATM di dalam lobby. Saya sangat memberikan nilai lebih jika hotel menyediakan mesin ATM di area hotel. 
Area resepsionis

Internet corner
Mini bar
La Carte Lounge
IBIS KITCHEN
Masih di lantai yang sama dengan area lobby ada Ibis Kitchen yang melayani makan pagi, siang dan malam yang juga dibuka untuk umum. Secara area, Ibis Kitchen di IJSC sangat luas. Beberapa meja bahkan disiapkan untuk menampung 6-8 orang karena IJSC sering kali digunakan untuk kegiatan korporat. Selain itu ada pula ruangan outdoor untuk area merokok. Interior secara keseluruhan terlihat ceria dengan warna warni kursi yang berpadu dengan unsur kayu berwarna coklat terang.
Ibis Kitchen
Menampung 6-8 orang
Berdua juga bisa
Sarapan pagi Ibis Kitchen mulai beroperasi sejak pukul 6 pagi. Saya cukup terperangah dengan menu yang sangat beragam. Mulai dari pembuka, menu utama hingga pencuci mulut terdapat beberapa variasi makanan yang jenisnya cukup banyak. Teman saya sempat berseloroh kalau IJSC adalah hotel bintang 3 dengan sarapan bintang 5. Tak salah memang, saat kami mempunyai kesempatan berbincang dengan salah satu staff, beliau mengiyakan statement kami karena GM IJSC sendiri yang menetapkan standar bintang 5 untuk menu-menu di Ibis Kitchen. Dilihat dari saladnya saja menyajikan varian yang cukup banyak dengan kacang merah dan buah zaitun melengkapi sayuran lainnya. Menu utamanya dibagi menjadi menu lokal dan mancanegara seperti spaghetti. Kuliner tradisional yang bergantian setiap hari seperti nasi campur atau nasi bogana yang lengkap dengan lauk pauknya juga menjadi nilai tambah sendiri untuk IJSC.
Menu beragam
Kuliner lokal
Mari sarapan
Selain menu buffett untuk sarapan, menu ala carte untuk lunch dan dinner pun dibuat dengan standar bintang 5. Rasanya konsisten dengan penataan ala fine dining yang cantik. Untuk harga tak perlu khawatir, meskipun dengan standar bintang 5, deretan harga di buku menu tak ada yang melebihi angka 100 ribu rupiah, kecuali untuk minuman beralkohol. Untuk menu lokal rekomendasi saya adalah Mie Jawa untuk yang suka dengan rasa manis. Ada pula Iga Bakar dengan potongan Iga yang besar plus kuah segar berisi potongan sayuran. Ada pula tahu gimbal berisikan udang dan gado-gado dengan penyajian unik, dibentuk menyerupai lumpia berkulit daun selada dan kol sehingga lebih mudah untuk disantap.
Ala carte dengan harga terjangkau
Ditata dengan sangat cantik
Wisata kuliner tanpa harus meninggalkan hotel
MEETING ROOM
Ada 6 meeting room terletak di lantai 3 tanpa digabungkan dengan ruangan-ruangan lain. Sangat baik karena peserta meeting sehingga tak akan terganggu dengan lalu lalang atau suara-suara dari pengunjung hotel pun sebaliknya tamu hotel tak terganggu dengan aktivitas peserta meeting. Di lantai ini juga terdapat mushalla untuk memusatkan semua aktivitas di lantai yang sama tanpa perlu terpisah-pisah. Selain itu ada 4 function room dengan ukuran lebih luas yang terletak di dekat area kolam renang. 4 ruangan ini bisa digabung menjadi main hall yang mampu menampung hingga 400 orang dengan penataan bangku tipe class room.
Meeting room 1
Meeting room 2
ROOM
Sebagai hotel berbintang 3, saya suka dengan penataan Ibis Merah yang distandarisasi di setiap hotelnya. Simple tapi memiliki fungsi maksimal. Misalnya saja penempatan meja kerja yang memanjang dan menghadap jendela (bukan hanya meja kecil sekadar ada). Menyambung dengan sofa kecil di sisi meja kerja, bisa untuk meletakan tas atau duduk santai melihat TV. Rak untuk meletakan barang juga difungsikan untuk meletakan chiller serta watter kettle. Di sebelahnya ada rak untuk menggantung pakaian dan meletakan extra pillow. Semuanya dibuat dengan simple penuh fungsi tapi tidak membuat kamar menjadi sempit.
Kamar nyaman dengan akses internet kencang
Meja kerja dan sofa kecil
Memaksimalkan ruangan tanpa membuat sempit
Kejutan manis dari Ibis Jakarta Sentral Cawang
Kamar mandinya, meskipun berkonsep tabung namun difinishing dengan baik sehingga terlihat rapi terlihat dari area kamar tidur. Bagian dalamnya juga tak sempit seperti kamar mandi tabung lainnya. Ada area washtafel lengkap dengan amenities, closet dan standing shower yang dipisahkan dengan pintu sehingga tidak akan membasahi area lain saat sedang mandi.
Dinding kamar mandi dari area kamar tidur
Fasilitas in room service
POOL
Ini bisa jadi keunggulan IJSC dibanding Ibis lainnya. Mungkin ada beberapa Ibis Merah yang juga memiliki kolam renang, tapi sepertinya hanya IJSC yang memiliki lahan hijau cukup luas di sisi kolam renang untuk diadakan pesta kebun. Ukuran kolam renangnya pun cukup panjang untuk melakukan aktivitas olahraga. Di sisi kolam juga ada gazebo untuk orang tua yang mengawasi anak-anak berenang tanpa perlu terjemur terik matahari. Kolam ini juga dibuka untuk umum. Dengan membayar Rp 80.000,- sudah termasuk sewa handuk dan pilihan 1 menu makanan dan minuman.

Area kolam renang
Dikelilingi taman
Suasana malam
Ibis Jakarta Sentral Cawang (IJSC) menurut saya memiliki banyak keunggulan, dari segi letak yang sangat strategis, dekat dengan Bandara serta halte Transjakarta. Dari segi harga, meskipun bintang 3 tapi memiliki fasilitas seperti kolam renang, meeting room dan Ibis Resto yang memiliki menu-menu beragam nan nikmat dengan harga sangat terjangkau. Keramahan staffnya juga patut diacungi jempol. Ibis Jakarta Sentral Cawang, bukan hotel bintang 3 biasa.


Ibis Jakarta Sentral Cawang
Jl. Letnan Jendral M.T. Haryono No.9, Cawang-Jakarta Timur 13630
Telp. (021) 29257777
Instagram @ibisjakartasentralcawang

  • Share:

You Might Also Like

8 comments

  1. Btw emang bener sih, minggu kemaren aku staycation disini, fasilitas dan lokasi nyaaa oke banget, mengingat harga yang sangat terjangkau, dan nama besar ibis dan accor hotel, sudah pasti ya kualitas nyaaa leh ughaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastinya, kualitas terjamin pokonya kl di jaringan Accor

      Hapus
  2. Waah, mantap nih, menu restonya selengkap bintang lima. Dijamin puas dong ya.

    BalasHapus
  3. Kamarnya terang yaa. Biasanya kamar hotel cenderung gelap. Asik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. faktor jendela juga pengaruh mungkin bikin kamar jadi terang

      Hapus