SAKURA PARK HOTEL - CIKARANG

By Ang Leonard Anthony - 14.30

Ada apa di Cikarang? Selain lebih dikenal dengan area pabrik memang tak banyak yang bisa dilihat di sini.  Lalu kalau ada hotel dengan fasilitas lengkap, maukah menghabiskan akhir pekan di sana? Saya pribadi tak masalah asalkan berfasilitas lengkap sehingga tak mengharuskan saya keluar hotel. Intinya memang bersantai menikmati fasilitas hotel.
Sakura Park Hotel

Sakura Park Hotel, hotel berbintang 4 di kawasan Cikarang Delta Mas yang berbasis hotel bisnis ini ternyata punya fasilitas yang cukup mumpuni untuk dijadikan weekend getaway. Memasuki kawasan hotelnya saja saya merasa seperti memasuki bangunan casino di Macau. Ada air mancur di tengah area drop off. Dindingnya berwarna emas berseling hitam dengan kesan "mahal"
Air mancur di area drop off
Pintu masuk hotel
Lobby
Kesan pertama saya akan lobby Sakura Park Hotel adalah mewah. Dominasi warna emasnya terlihat elegan ditambah permainan lampu. Seperti backdrop di belakang meja resepsionis yang berwarna kuning diterpa dengan permainan cahaya sehingga terlihat bak dinding berlapis emas. Ada 3 meja resepsionis sehingga proses check-in tidak memakan waktu lama saat occupancy sedang tinggi. Yang menjadi fokus utama dari area lobby adalah pilar besar di tengah ruangan yang lagi-lagi berwarna emas. Jika dilihat dari dekat, tiang ini tersusun dari serpihan batu-batu kecil berwarna kuning dan hitam. Mengelilingi tiang ini, ditempatkan sofa bundar untuk menunggu proses check-in
 
Backdrop keemasan menambah kesan mewah
Dominasi warna emas

Selain sofa ini, ada lounge untuk menunggu atau menerima tamu. Yang paling menarik adalah adanya lukisan handmade setinggi 5 lantai. Lukisan seorang ibu pencari kayu bakar sebagai penanda bahwa lokasi berdirinya hotel adalah hutan yang kini sudah berubah wajah. Lukisan ini terlihat sangat cantik saat siang hari karena mendapat terpaan sinar matahari langsung sehingga terkesan 3 dimensi.
Lounge
Lukisan setinggi 5 lantai
Bar & Executive Lounge
Terletak persis di samping area lounge, Bar ini buka dari pukul 10 siang hingga 11 malam. Berkapasitas 30 orang, buat saya yang tak terlalu suka dengan suasana bar yang terlalu hiruk pikuk, Bar & Lounge di Sakura Park Hotel ini sangat nyaman untuk saya. Di dalamnya juga terdapat 1 meja billiard dan area hiburan berupa live music. Pengunjung juga bisa berkaraoke di sini lohh... Jika merasa masih kurang, di bagian depan dekat dengan area drop off terdapat Augusta Executive Lounge denganyang buka dari pukul 5 sore hingga 1 dini hari. Di sini juga terdapat ruang VIP yang bisa menampung hingga 30 orang.
Pool table
Live music
Augusta executive lounge
VIP room
Sakura Resto
Restoran yang terletak bersebelahan dengan area lobby ini melayani makan pagi, siang dan malam. Kapasitas dari resto ini bisa menampung 150 orang dengan 6 private room, 4 ruangan bergaya "lesehan", 2 ruangan dengan meja dan kursi standar pada umumnya. Yang saya salut untuk resto ini adalah menu-menunya yang menurut saya benar-benar otentik kuliner Jepang. Jadi banyak varian sushi yang tidak ditemukan di resto sushi lain yang umumnya sudah di fusion dengan lidah lokal.
 
Sakura Restaurant
Lengkap dengan live cooking station
VIP room
Kental unsur Jepang

Untuk menu pagi, memang tak banyak karena mengikuti budaya Jepang yang memang tak terlalu memiliki banyak menu untuk sarapan. Yang pasti para tamu Jepang mewajibkan ada menu ikan setiap sarapan. Menu lainnya berupa nasi, lauk pauk, dimsum, miso soup serta acar. Favorit saya adalah juice edamame yang rasanya segar.
 
Sarapan pagi
Ikan, menu yang wajib ada
Untuk menu ala carte saat makan siang atau malam, jangan lewatkan varian sushi yang unik dengan bahan-bahan segar sehingga tak ada amis sama sekali. Pertama bagi saya untuk mencicipi mulut gurita yang ternyata rasanya kenyal, renyah dan manis. Selain itu ada pula berbagai pilihan Bento dan Ramen. Ramen favorit di sini adalah Ramen Asam pedas yang porsinya luar biasa besar dengan rasa pedas yang "nendang banget"
Sakura Resto yang dibuka untuk umum ini juga memiliki paket all you can eat Sushi setiap hari Jumat dengan harga Rp 150.000,-
Authentic Sushi
Disajikan dengan cantik
Menu ayam dan babi
Ramen asam pedas
Pilihan Sushi
Mei Hwa Resto
Selain kuliner Jepang, ada pula restoran yang mengkhususkan untuk menu-menu dari negara tirai bambu. Dengan interior yang apik pastinya selera makan akan bertambah di Mei Hwa Resto. Di resto ini juga terdapat 1 ruangan VIP yang bisa menampung hingga 20 orang. Yang menjadi andalan dari restoran ini selain menu ala cartenya adalah menu dimsum. Setiap Kamis, Sabtu dan Minggu pun ada Dimsum Brunch Buffet dengan harga Rp 125.000,- Dan chefnya sendiri memastikan bahwa menu-menu dimsum di Mei Hwa dibuat langsung dari dapur Mei Hwa, bukan dimsum jadi yang dibeli dari luar dan tinggal dihangatkan.
Bergaya China
Interiornya menyesuaikan dengan apik
Servis yang luar biasa
Menu andalan
Pool, Fitness Center, Japanese Bath
Semua fasilitas kebugaran terletak di lantai 2 dan karena basicnya Sakura Park Hotel adalah hotel dengan pangsa pasar bisnis, maka pool dan fitness center ini jarang sekali dikunjungi tamu hotel. Justru menjadi kelebihan bagi yang ingin menikmati suasana kolam saat sepi. Kolamnya cukup besar dengan 4 gazebo di pinggir kolam. Lagi-lagi karena bukan berkonsep untuk keluarga, di kolamnya tidak terdapat kolam untuk anak-anak sehingga bagi keluarga yang membawa anak kecil harus sedikit berhati-hati mengawasi anak-anaknya. Fitness roomnya tak besar namun cukup memadai untuk berolahraga di sela-sela hari. Treadmill dan sepeda statis  sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap bugar. 
Kolam dengan lampu warna warni
Bersantai di tepi kolam
Fitness room
Yang menjadi primadona justru Japanese Bath yang tak pernah sepi pengunjung, apalagi saat pagi, sore dan menjelang malam. Sesuai tradisi orang Jepang yang senang berkumpul dan mengobrol di area pemandian. Yang uniknya, di sini semua pengunjung harus menerapkan peraturan yang ada tanpa terkecuali. Jadi semua pengunjung harus tanpa busana sama sekali untuk berendam di kolam air panas. Sebelum berendam, pengunjung harus mandi terlebih dahulu menggunakan sabun dan shampo dengan pancuran yang tersedia di tepi kolam. Setelah berendam, pengunjung disarankan membilas tubuh lagi, mengeringkan hingga benar-benar kering baru beranjak ke ruang ganti pakaian. Japanese Bath ini memang dikhususkan untuk pria, namun pada hari Rabu dikhususkan untuk para wanita.
Ruang ganti
Japanese bath
Harus bersih sebelum berendam
Room
Sakura Park Hotel memiliki 4 tipe kamar, Deluxe, Executive, Junior Suite dan President Suite. Mengadopsi budaya Jepang, interior kamar dibuat simple dan minimalis. Mengedepankan budaya simple namun tetap mengutamakan keharmonisan. Positifnya, karena tak banyak pernak-pernik di dalam kamar, ruangan kamar terasa luas dan lapang. Warna pun tak terlalu banyak hanya menggunakan warna coklat tua mendekati hitam pada furniture dan putih untuk bed sheet, dinding. Warna coklat agak terang digunakan untuk sofa one seater di samping ranjang. Secara keseluruhan kamar-kamar di Sakura Park Hotel hanya memiliki perbedaan dari segi ukuran. Hanya untuk President Suite dilengkapi dengan ruang TV, ruang makan dan dapur.
Deluxe room
Dilengkapi meja kerja
Executive room
Junior suite
President suite
Dilengkapi ruang makan
Kamar mandi suite dengan bathtub
Secara keseluruhan saya sangat menikmati tinggal di Sakura Park Hotel. Penuh dengan fasilitas, lengkap dengan 2 restoran dengan menu yang nikmat, merasakan sendiri budaya Jepang dalam filosofi "ketelanjangan". 1 hal lagi yang saya suka adalah adanya ruang kosong yang berisi tanaman dan lukisan dinding lainnya setinggi 4 lantai. Konsep bangunan yang berbalkon sangat membantu untuk mendapatkan sinar matahari yang banyak pada siang hari. Langit-langit yang tinggi juga menciptakan sirkulasi udara yang cukup baik.
Bangunan dengan konsep balkon
Menyisakan lahan hijau
Lukisan lainnya setinggi 4 lantai

Sakura Park Hotel
Kota Deltamas - Commercial Lot, The Avenue No.5, Cikarang Pusat, Sukamahi, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat 17530
Instagram @sakuradeltamas

Jalan-Jalan Jeprat-Jepret

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. leo, aku pengen coba onzen nya hehe...jadi inget pas dulu di jepang

    BalasHapus
  2. jadi reprensi tambahan klo sempat ke cikarang nih,,, keep calm and stay travelling

    BalasHapus